Teknik > Teknik Motor > Tips >

Tips Rawat Motor Di Musim Hujan

Merawat Motor Dikala Musim Hujan Begini Caranya

  • Merawat Motor Dikala Musim Hujan Begini Caranya

    motor mogok karena hujan

  • Merawat Motor Dikala Musim Hujan Begini Caranya

    Jasa cuci motor

Jakarta,OX. Menurut laporan BMKG, curah hujan di beberapa wilayah Indonesia sejak bulan lalu hingga akhir Februari 2015 belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Akibatnya beberapa kawasan kerap tertimpa banjir.

Oleh sebab itu, bagi pemilik kendaraan terutama motor, musim hujan adalah saat dimana para biker melakukan perawatan ekstra. Pasalnya, air hujan terutama hujan di perkotaan yang tingkat polusinya tinggi dipastikan mengandung banyak senyawa kimia asam.

"Air hujan biasanya memilki kandungan kimia terdiri dari senyawa kimia H2O mencapai 99.9 persen massa. Sisanya bisa bermacam-macam diantaranya asam sulfat, asam nitrat, dan senyawa asam lainnya yang bisa berasal dari industri atau gunung berapi. Bisa juga karbon dalam bentuk abu ringan (fly ash) dari industri atau gunung berapi yang bisa melunturkan cat motor," jelas Indra pengawas Shine Auto Spa di Jl. Raya kodau Jatimekar 34B, Pondok Gede Bekasi.

Untuk itu, perawatan ektra saat musim hujan jadi sangat krusial agar motor selalu dalam performa terbaik. Berikut ini adalah cara sederhana yang perlu diketahui dalam merawat motor ketika musim hujan. Berikut ini caranya. (www.otomotifxtra.com)

Cuci Motor
Air hujan dengan kandungan zat asam tinggi bisa merusak keindahan motor. Oleh sebab itu segera cuci motor setelah kena air hujan. Meski tak ada waktu, ada baiknya cuci di tempat pencucian motor yang handal.

“Cuci motor di musim hujan agak sedikit butuh perlakuan khusus. Jika motor yang digunkana berharga mahal, sebaiknya cuci di tempat pencucian khusus yang ada salonnya,’’ wanti Indra.

Namun jika ingin dilakukan sendiri, yang perlu diperhatikan adalah jangan mencuci saat mesin masih panas, gunakan bahan busa khusus berbahan grout sponge, sea sponge. Lalu lap berbahan wash mitt dan siapkan bahan sabun khusus untuk kendaraan serta sabun colek atau detergen untuk bagian blok mesin.

Sebelum dicuci, siram motor dari atas kebawah untuk memastikan debu dan kotoran pasir sudah luntur dari motor. Gosok dahulu bagian body diikuti ke bagian mesin menggunakan sabun khusus tadi. Setelah dibilas, tunggu sekitar 1 menit sebelum mengeringkan motor. Hal ini dilakukan guna memastikan pasir dan debu sudah larut dengan air yang menetes.

Setelah lewat 1 menit lakukan masa pengeringan. Sebaiknya dilakukan ditempat teduh, agar motor yang masih basah tidak terkena sinar matahari langsung.

2 Comments

  1. Guest

    26 Januari 2015

    Mantap nih OtomotifXtra.com...maju terus OX!

  2. Guest

    26 Januari 2015

    Pas banget nih inpohnya buat sekarang...top OtomotifXtra...maju terus...

Leave Comment

(Required)