Teknik >

Merawat Supercar Sekelas Ferrari, Ganti Pelek Saja Bisa Gugur Garansi

  • Merawat Supercar Sekelas Ferrari, Ganti Pelek Saja Bisa Gugur Garansi

Jakarta, OX. Modifikasi mobil Ferrari tanpa menggunakan aksesori resmi dipastikan bakal menghilangkan garansi mobil. Karena itu, tidak bisa sembarangan memasukan komponen aftermarket pada supercar mewah asal Italia itu.

Ferrari Jakarta, distributor Ferrari untuk Indonesia sudah menyiapkan berbagai jenis sparepart. Jadi, sangat tidak dianjurkan membeli komponen selain OEM dari Ferrari.

Biasanya pengguna Ferrari kerap mengganti pelek supaya mobil terlihat lebih gagah. Ternyata, meskipun pelek yang dipasang tidak memerlukan apapun, seperti dudukan baut atau as roda, tetap bisa berpengaruh pada berlakunya garansi.

“Kalau pakai sparepart tidak genuine, seperti ganti pelek atau knalpot bisa menghilangkan warranty. Di buku servis juga sudah dijelaskan, modifikasi (dengan part aftermarket) bisa menghilangkan garansi,” jelas Arie Christoper, CEO Ferrari Jakarta saat ditemui di acara buka puasa bersama media beberapa waktu lalu.

Selain menghilangkan garansi, penggunaan part aftermarket juga berisiko menimbulkan masalah pada mobil, sebab tidak presisi seperti sparepart orisinal.

“Sparepart genuine dibuat lewat riset yang dilakukan dalam waktu tahunan, jadi tidak ada yang perfect seperti sparepart dari kita (Ferrari),” ujar Arie.

Sementara, untuk perawatan mobil Ferrari, terdapat service centre di Jakarta dan Surabaya yang menyediakan layanan flying mechanic. “Service centre yang baru di Surabaya melayani area Surabaya, Bali, dan wilayah timur Indonesia. kota seperti Bandung dilayani service centre dari Jakarta. Kita terbangkan mekanik ke tempak konsumen,” sahut Arie.

Leave Comment

(Required)