Teknik > Teknik Mobil > Profile Mobil >

FIRST DRIVE: FORD MUSTANG FASTBACK ECOBOOST 2.3 L A/T 2017

Sensasi ‘American Muscle’ Versi Hemat

  • Sensasi ‘American Muscle’ Versi Hemat
  • Sensasi ‘American Muscle’ Versi Hemat
  • Sensasi ‘American Muscle’ Versi Hemat
  • Sensasi ‘American Muscle’ Versi Hemat
  • Sensasi ‘American Muscle’ Versi Hemat

Jakarta, OX. Desain generasi keenam ini menandakan perayaan 50 tahun Mustang pada 2015 lalu. Sekaligus memperluas pasar penjualannya yang menyasar wilayah di luar Benua Amerika, seperti di kawasan Eropa dan Asia khususnya. Apalagi nama Mustang yang sudah melegenda punya nilai jual tinggi. Dan untuk pertama kalinya, Mustang diproduksi versi setir kanan asli pabrikan.

Seperti yang didatangkan gerai importir Terminal Motor ini. Tim OX berkesempatan mencicipi performanya. Abaikan tampilan eksteriornya, kalangan penggemar mobil sudah pasti tahu kalo ini Ford Mustang, tentunya dengan bayangan memboyong mesin bongsor V8. Ya, karena memang tampilan luarnya hampir tidak ada bedanya antara versi hemat EcoBoost ini dengan versi mesin V8 Coyote.

DILENGKAPI FITUR TERKINI

Perbedaan akan kentara jika sudah mendengar suara mesin dan membuka kapnya. Dengan mesin berdimensi kompak tentunya area engine bay akan terasa lengang, kompartemennya tidak penuh seperti V8. Tapi sekali lagi ini adalah Ford Mustang, cita rasa ‘American Muscle’ akan sangat terasa. Begitu masuk kabin pun kentara aura teknologi mobil terkini.

Tombol Engine Start ditekan, bersamaan dengan hidupnya mesin, seketika logo Mustang menyambut di layar monitor. Setelahnya berbagai menu tersedia mulai aktivasi radio, bluetooth, koneksi telepon, navigasi hingga aplikasi mobile. Duduk di jok pengemudi, ergonomi mampu terakomodir dengan baik lewat opsi pengaturan otomatis dan manual.

ADA 3 MODE KEMUDI dan 4 MODE BERKENDARA

Mustang punya pilihan mode pengaturan lingkar kemudi yakni Normal, Sport dan Comfort menyesuaikan impresi mengemudi yang ingin dirasakan. Suguhan kemudi kanan ini seolah dimengerti oleh pabrikan yang bermarkas di Michigan ini. Tapi yang janggal adalah posisi handbrake-nya yang justru di posisi ‘memihak’ sisi penumpang, meskipun tidak mengurangi jangkauan dan fungsinya.

Yang menarik adalah transmisi otomatis Select Shift 6 percepatan yang bisa dimainkan lewat instrumen paddle shift yang posisinya hampir bersembunyi dibalik lingkar kemudi. Selain pengaturan mode kemudi, Mustang EcoBoost menyediakan empat mode berkendara yaitu Normal, Sport+, Race Track dan Snow/Wet.

Pilihan ini akan menyesuaikan pengaturan respons throttle dan besarnya traksi ban pada jalan. Tim OX mencoba kombinasi mode berkendara Normal dan mode kemudi Comfort untuk adaptasi area pengetesan yang terbatas. Hasilnya pengendalian terasa ringan dan lincah. Kombinasi ini disarankan untuk pengendaraan sehari-hari.

TENAGA LEBIH BESAR DARI V6

Bicara performa mesin empat silinder segarisnya, kapasitas 2.253 cc direct injection yang dipersenjatai EcoBoost Turbocharged mampu menghasilkan tenaga sebesar 310 dk pada 3.000 rpm dengan torsi 434 Nm. Bandingkan dengan pilihan mesin V6 Cyclone naturally aspirated-nya yang hanya menghasilkan 300 dk dan torsinya 379 Nm. Cukup bertenaga bukan? Apalagi Terminal Motor menawarkan harga yang cukup kompetitif, Rp 1,425 Miliar On The Road Jakarta. Tersedia pilihan warna race red, triple yellow, grabber blue, shadow black dan magnetic grey.   

 

TERMINAL MOTOR

Bursa Mobil 2, JL. Boulevrd Timur Raya II Blok M-2 No.10-11.

Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Telpon : 021 4520000 & 021 4511111

 

Lokasi :

CABIN HOTEL

@ Bursa Otomotif Sunter

JL. Yos Sudarso Kav. 87 – 88, Jakarta Utara.

Telpon : 021 29689868

Leave Comment

(Required)