Umum & Bisnis > Mobil >

PORSCHE BRAIDED CARBON WHEELS

Porsche Kembangkan Pelek Teknologi Baru Berbobot Ringan

  • Porsche Kembangkan Pelek Teknologi Baru Berbobot Ringan
  • Porsche Kembangkan Pelek Teknologi Baru Berbobot Ringan
  • Porsche Kembangkan Pelek Teknologi Baru Berbobot Ringan
  • Porsche Kembangkan Pelek Teknologi Baru Berbobot Ringan
  • Porsche Kembangkan Pelek Teknologi Baru Berbobot Ringan

Jakarta, OX. Porsche global jadi produsen otomotif pertama di dunia yang menawarkan pelek berbobot ringan dengan teknologi braided carbon fibre. Apa itu? Yaitu material karbon fiber yang dirajut (braided) dengan carbon fibre braiding machine. Karbon merupakan bahan ringan dengan karakteristik warna hitam yang berteknologi tinggi.

Jamak digunakan produsen supercar dunia. Karbon tersebut dapat sepenuhnya terlindungi dengan lapisan vernis bening. Secara keseluruhan, pelek inovatif ini punya bobot sekitar 8,5 kilogram, klaimnya berbobot 20% lebih ringan dan 20% lebih kuat dibanding pelek standar.

Pelek yang seluruh materialnya dari Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP) ini terdiri dari dua komponen. Pertama, bagian tengah velg terbuat dari serat karbon. Pada prosesnya melibatkan pemotongan dan perakitan lebih dari 200 komponen individual. Komponen kedua adalah rim base yang terbuat dari karbon fiber, kemudian dirajut dengan carbon fibre braiding machine terbesar di dunia berdiameter mencapai sembilan meter. Bagian tengah pelek kemudian dirajut ke rim base. pelek yang telah dirakit kemudian dipadatkan dengan resin dan dikeraskan dalam tekanan dan suhu yang tinggi. Pelek yang telah selesai dikeraskan pada suhu tinggi tersebut kemudian dilanjutkan ke proses pendinginan dengan durasi yang lama.

Centre lock kemudian dimasukkan ke dalam pelek yang sudah jadi dan dilindungi dengan vernis bening. Porsche adalah perusahaan pertama di industri otomotif global yang menggunakan teknologi kompleks seekstrim ini. Teknologi rajut (braided) menawarkan keuntungan utama dibandingkan metode pembuatan bahan serat karbon melalui proses pemadatan (pre-impregnated) yang lebih konvensional. Keuntungannya, teknik produksi ini menghasilkan struktur material karbon yang jauh lebih padat dan lebih solid.

Hal ini meningkatkan kekuatan pelek secara signifikan. Penggunaan material yang lebih efisien dan juga mengurangi sisa. Pelek karbon terbaru ini terbuat dari serat karbon sepanjang 18 kilometer atau setara dengan carbon fibre fabric seluas delapan meter persegi. Mulai awal tahun 2018, velg karbon ini akan tersedia dalam dimensi 20x9 inci untuk roda depan dan 20x11,5 untuk roda belakang. Sayangnya, pelek ini baru tersedia sebagai opsi untuk Porsche 911 Turbo S Exclusive Series.

Leave Comment

(Required)