Audio >

AUDIO: VOLKSWAGEN TIGUAN TSI 2014

Tambah Perangkat Audio, Utilitas VW Tiguan ini Tetap Maksimal

  • Tambah Perangkat Audio, Utilitas VW Tiguan ini Tetap Maksimal
  • Tambah Perangkat Audio, Utilitas VW Tiguan ini Tetap Maksimal
  • Tambah Perangkat Audio, Utilitas VW Tiguan ini Tetap Maksimal
  • Tambah Perangkat Audio, Utilitas VW Tiguan ini Tetap Maksimal
  • Tambah Perangkat Audio, Utilitas VW Tiguan ini Tetap Maksimal

Jakarta, OX. Danny adalah seorang audiophile sejati, genre yang dipilihnya sejak lama konsisten di jalur sound quality. “Sebenarnya lagu apa aja saya suka, kecuali metal, upgrade ini untuk teman perjalanan kalau kena macet,” senyum pemilik VW Tiguan TSI lansiran 2014 ini.

Peranti audio bawaan pabrik dirasa belum memuaskannya. Langkah upgrade kembali ditempuh, Dynamic Autosound, gerai audio langganannya di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara kembali dipercaya.

Langkah pertama yaitu mengganti unit in-dash dengan Pioneer DEX-P90 PRS yang dilengkapi steering remote sebagai komando sejumlah peranti audio tambahan. Di posisi yang sama juga dilengkapi sebuah monitor Pioneer AVH-P5350-DVD. Sebelum dihubungkan dengan speaker dan power amplifier, prosessor eksternal Crescendo ditempatkan sebagai ‘penengah’. Tugasnya memilah frekuensi dan mengukur tingkat akurasi suara yang dihasilkan.

Selanjutnya, keluaran suara area depan diwakili oleh seperangkat speaker berlabel Focal BE. Metode 3-way yang terfokus pada area kabin depan diterapkan. Pasangan midrange dan tweeter ditempatkan di pilar A kabin dengan dibuatkan dudukan khusus. Sementara midbass menghuni rumah speaker di pintu depan. Untuk mendukung konsentrasi akustik pada area kabin paling depan, speaker di pintu belakang otomatis dinonaktifkan. Lalu sebagai pemasok daya sekaligus mendorong kualitas keluaran suara, diandalkan empat unit power amplifier sekaligus bermerek Genesis dual mono tipe 2 channel.

Penempatan di bagasi terdiri dari susunan 3 unitnya, sementara lainya tersembunyi di balik jok pengemudi. Keempatnya sama-sama punya peranan vital. Sebagian mendukung sperangkat speaker 3-way tadi, sisanya mendorong dentuman bass lewat sepasang subwoofer Phase Aliante lingkar 8 inci. “Cukup lah buat SQ,” ujar pemukim kawasan Puri Indah, Jakarta Barat ini. Penempatannya sendiri disusun apik dalam kemasan boks, dengan mengutamakan akses ke ruang ban cadangan beserta tool kit-nya. Jadi kebutuhan area bagasi untuk sejumlah koper saat berpergian tetap terakomodir.

Kini, segenap peningkatannya ini dirasa memuaskan. "Dari atas ke bawahnya merata, engga ada yang menonjol, sampe ke mid-range-nya juga rata, khususnya di area depan,” bangga ayah dua putri kembar ini. Tim OX turut merasakan hasil racikannya, lantunan vokal dari Diana Krall dan beberapa tembang Mandarin jadi lebih kentara dan dominan ketika mengarungi kemacetan jalanan Jakarta. Mantap!

Leave Comment

(Required)