Teknik >

Canggih, Bosch Ciptakan As Roda Elektrik dengan Torsi Berlimpah

  • Canggih, Bosch Ciptakan As Roda Elektrik dengan Torsi Berlimpah
  • Canggih, Bosch Ciptakan As Roda Elektrik dengan Torsi Berlimpah

Gerlingen, OX. Bosch punya formula baru dalam pengembangan kendaraan bertenaga listrik yang diklaim hemat biaya produksi. Perusahaan asal Jerman itu membuat penggerak as roda elektrik yang efisien ruang dan energi.

As roda elektrik yang dinamai Bosch e-axle ini merupakan perangkat powertrain dengan mesin, power electronics, dan transmisi yang dipasang menjadi satu bagian untuk menggerakan roda kendaraan. Konsep tersebut membuat proses kerja menjadi lebih efisien energi, karena mengurangi jarak antar komponen, didukung penggunaan kabel tegangan tinggi dan unit pendingin untuk memacu powertrain bekerja optimal tanpa menguras isi baterai.

“Dengan as roda elektriknya, Bosch menerapkan prinsip all-in-one pada powertrain. Dari segi ekonomi, as roda elektrik bisa menjadi sebuah terobosan besar bagi Bosch,” sebut Dr. Rolf Bulander, anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH sekaligus ketua sektor bisnis Mobility Solutions.

Formula powertrain Bosch bakal ditawarkan pada perusahaan otomotif untuk digunakan pada mobil hybrid, atau Electronic Vehicle (EV). Dengan begitu, produsen kendaraan tidak lagi perlu melakukan pengembangan sistem penggerak. Mereka cukup memberikan spesifikasi powertrain yang diinginkan, seperti besaran tenaga, torsi, serta titik pemasangannya, setelah itu Bosch melakukan customized sesuai pesanan.

“Tak perlu detail spesifikasi yang rumit, beberapa parameter saja sudah cukup bagi Bosch untuk menyesuaikan as roda elektriknya,”  ucap Dr. Mathias Pilin, wakil presiden eksekutif untuk elektromobilitas.

Powertrain racikan Bosch dinyatakan mampu memproduksi daya mulai dari 50 sampai 300 kilowatt, plus torsi pada as roda (belum dihitung dengan radius roda gigi yang digunakan pada mobil) senilai 1000 sampai 6000 Newton Meter. Dengan kemampuan tersebut, Bosch meyakinkan powertrain buatan mereka bisa digunakan pada jenis mobil kompak, SUV, sampai truk kecil.

Penggerak as roda elektrik e-axle Bosch diagendakan mulai diproduksi massal mulai tahun 2019. Sementara, prototype dari powertrain tersebut sudah diujicoba bersama perusahaan rekanan.  

 

 

Leave Comment

(Required)