Teknik > Teknik Mobil >

Prestone Engine Flush, Pengeruk Lumpur Oli Membandel

  • Prestone Engine Flush, Pengeruk Lumpur Oli Membandel

    Prestone Engine Flush

  • Prestone Engine Flush, Pengeruk Lumpur Oli Membandel

    Prestone Engine Flush

Jakarta, OX. Berkat ramuan ini, performa mesin bisa dipertahankan pada kondisi maksimal. Seluruh lumpur oli luruh. Chamber mesin kembali bersih.
 
Sebelum mengenal lebih detil Prestone Engin Flush, mari kita menelisik sludge atau lumpur oli , penyebab dan kerugian yang bisa diakibatkan. Jika tidak segera ditangani, sludge bisa mengakibatkan tersumbatnya jalur oli. Akibatanya, komponen mesin tidak mendapatkan pelumasan. 

Lantas darimana asal lumpur oli tersebut? Sludge atau lumpur oli adalah hasil interaksi kompleks antara kandungan kimia dalam oli dengan serpihan komponen mekanik dalam suhu tinggi. Umumnya, sludge oli mesin berbahan bakar bensin berwarna hitam serta mengandung air. Kekentalannya bervariasi. Lumpur oli hitam ditemukan di bagian rocker cover, cylinder head, timing chain cover dan oil pump screen di ruang carter oli. Sedangkan lumpur oli yang terdapat di mesin disel lebih kental. Berwujud seperti gel. 

Pretone engine flush berfungsi membersihkan lumpur oli tersebut.  Cairan ini juga berfungsi untuk menjaga suara mesin agar tetap halus, membuat oli bekerja lebih maksimal dan membuat mesin tetap awet. 

Cara penggunaannya mudah kok. Masukkan cairan ini ke dalam mesin melalui lubang oli, langkah ini dilakukan sebelum oli usang dikeluarkan. Pastikan ketinggian oli berada pada batas aman. Kemudian hidupkan mesin pada kondisi idle minimal selama 5 menit untuk pembersihan ringan dan maksimum 10 menit untuk pembersihan lebih menyeluruh. Jangan menjalankan kendaraan atau menambah torsi atau rpm. 

Berikutnya, matikan mesin, keluarkan oli dan ganti filternya. Kuras sampai bersih oli. Lakukan flush menggunakan kompresor yang dilengkapi dengan filter air. Supaya mesin tidak terkontaminasi  uap air yang tercampur dengan angin dari kompresor. Isi kembali mesin dengan oli baru sesuai dengan oli yang direkomendasikan. 

Anda tak perlu menggunakan engine flush setiap kali melakukan penggantian oli. Frekuensi penggunaan engine  flush yang direkomendasikan yaitu setiap 10.0000km hingga 20.000km. Ciri-ciri apa saja yang bisa digunakan sebagai pedoman bahwa mobil sudah saatnya dibersihkan dengan engine flush? Lakukan ketika pembuangan oli mulai terlihat mengental dan tidak lancar. 
 

Leave Comment

(Required)