Teknik > Teknik Mobil > Tips >

TIPS PILIH AIR FILTER

Pilih Air Filter, Pahami Modelnya dan Perhatikan Letaknya

  • Pilih Air Filter, Pahami Modelnya dan Perhatikan Letaknya
  • Pilih Air Filter, Pahami Modelnya dan Perhatikan Letaknya
  • Pilih Air Filter, Pahami Modelnya dan Perhatikan Letaknya

Jakarta, OX. Air filter atau saringan udara merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi menyempurnakan sistem pembakaran pada mesin. Kini, di pasaran sudah banyak beredar beragam model air filter yang bisa diaplikasi di berbagai jenis mobil. Namun sebelum membeli dan menggantinya, perlu dipahami ragam model beserta keunggulan yang ditawarkan. Karena tak selamanya peranti berharga tinggi fungsinya memadai.

 Ada dua model air filter aftermarket di pasaran, yaitu replacement yang masih menghuni rumah saringan udara bawaan pabrik hingga yang model terbuka, acapkali dijuluki model cone atau model jamur. Bentuk fisik model replacement biasanya sama dengan bentuk asli air filter bawaan pabrik. “Jadi tinggal plug and play,” saran Zachary F.R. Kurniawan dari Alfa Omega, distributor sejumlah merek air filter khusus mobil Eropa.

Hanya saja bahan yang ditawarkan berbeda-beda. Umumnya model replacement produksi aftermarket memiliki bahan busa khusus yang berserat. Tetapi ada juga produk yang menawarkan bahan katun, karbon hingga stainless. Untuk mobil-mobil Jepang pada umumnya, di pasaran terdapat merek-merek lokal seperti JFC dan Apex. Merek lainnya ada K&N (Amerika), HKS (Jepang) dan Simota (Taiwan). “Tersedia untuk hampir semua mobil, terutama mobil Jepang,” promo Henry Kings dari gerai Arena Motorsports yang menyebut rentang harga mulai Rp 250 ribu hingga Rp 900 ribu.

Sementara untuk mobil-mobil merek Eropa bisa memilih tawaran dari Alfa Omega yang menggawangi merek-merek asal Jerman seperti Knecht, Vaico dan Bosch. Promosinya, harga yang ditawarkan jauh lebih murah, mencapai 40% lebih rendah dari harga komponen orisinal.

Untuk model terbuka, punya keunggulan tersendiri. “Lebih bagus karena mampu menangkap udara lebih banyak dari segala arah,” tutur Zachary. Lebih lanjut mantan drifter ini juga mengingatkan jika ingin memakai air filter model terbuka harus memperhatikan penempatannya. Jangan sampai udara yang terserap justru udara panas yang berasal dari ruang mesin.

Hampir sependapat, prinsipnya model terbuka bisa untuk semua mobil, tetapi Henry menyarankan penempatannya sebisa mungkin dijauhkan dari header dan fan radiator. Agar lebih optimal bisa memakai tambahan sambungan belalai atau pipa yang corongnya menghadap ke luar ruang mesin guna mendapatkan pasokan udara dingin lebih banyak. Bisa memanfaatkan celah yang menghadap ke depan di bagian bumper.

Merek-merek yang tersedia di pasaran ada HKS, Simota, K&n, Blue Thunder dan JFC. Harganya bervariasi bergantung jumlah komponen dan jenis bahannya. Karena ada yang menawarkan peranti air filter-nya tersendiri hingga paket lengkap yang meliputi air filter, breeder (filter kecil) dan intake. Pemasangannya bisa menyesuaikan setiap jenis mobil. Silakan dipilih!

Alfa Omega 021-3454969

Arena Motorsports 021-6543317

Leave Comment

(Required)