Teknik > Teknik Mobil > Tips >

TIPS MERAWAT LAPISAN DASBOR

Kulit Interior Pecah Akibat Salah Kaprah, Begini Penanganannya

  • Kulit Interior Pecah Akibat Salah Kaprah, Begini Penanganannya
  • Kulit Interior Pecah Akibat Salah Kaprah, Begini Penanganannya
  • Kulit Interior Pecah Akibat Salah Kaprah, Begini Penanganannya

Jakarta, OX. Aris Widi heran dengan permukaan dasbor Toyota Alphard lansiran 2007 miliknya yang bertambah kasar. Setelah diteliti ternyata lapisan kulitnya sudah pecah-pecah. Dugaan sementara wirausaha perangkat elektronik di wilayah Serpong, Banten ini akibat pemakaian wax atau produk perawatan interior yang berlebihan. "Hal ini bisa terjadi karena wax yang dipakai kebanyakan mengandung sejenis silikon yang dapat membuat kering imitasi kulit pada dasbor," jelas Iyus Sofian, dari gerai perawatan mobil Ichi Auto Care.

Lebih detail Iyus, sapaannya menjelaskan bahan yang mengandung silikon justru merusak lapisan kulit lunak pada dasbor yang terbuat dari bahan kulit sintetis. Pemakaian bahan seperti ini jamak ditemukan pada mobil kategori CBU premium. "Apa lagi ditambah panasnya matahari yang bersifat destruktif, jadinya akan mempercepat umur kulit sintetis," terang pria yang punya gerai di JL. Peta, Bandung, Jabar ini. Jadi, dalam hal perawatannya Iyus menyarankan ada baiknya menggunakan bahan yang tidak mengandung silikon.

"Cari bahan baku yang baik yang sifatnya melembabkan seperti body lotion misalnya," tegas pembesut Mitsubishi Pajero ini. Perlu diketahui, banyak yang salah kaprah bahwa produk perawatan yang seharusnya untuk panel bodi eksterior digunakan juga untuk panel interior. Iyus memaparkan bahwa sifat cat dan kulit berlainan sehingga perlakuan untuk dashbor sebaiknya tidak menggunakan wax. Gunakan bahan yang memang diperuntukkan untuk interior khususnya dasbor.

Saran tambahan, agar dasbor lebih awet bisa menggunakan kaca film berkualitas untuk mengurangi pancaran langsung sinar terik matahari yang berlebih ke dasbor. Soal jangka waktu perawatan, Iyus hanya menyarankan untuk sesering mungkin. "Luangkan sedikit waktu, bisa sekalian setelah mencuci mobil," senyumnya. Namun, jika permukaan lapisan dasbor sudah terlanjur pecah, bisa dilakukan pembungkusan ulang. Konsekuensinya, nilai orisinalitas akan berkurang.

Leave Comment

(Required)