Modifikasi > Modifikasi Mobil >

MODIFIKASI: JEEP CHEROKEE 1996

Bergaya Adventure, Jeep Cherokee ini Pakai Mesin Baru yang Lebih Bertenaga

  • Bergaya Adventure, Jeep Cherokee ini Pakai Mesin Baru yang Lebih Bertenaga
  • Bergaya Adventure, Jeep Cherokee ini Pakai Mesin Baru yang Lebih Bertenaga
  • Bergaya Adventure, Jeep Cherokee ini Pakai Mesin Baru yang Lebih Bertenaga
  • Bergaya Adventure, Jeep Cherokee ini Pakai Mesin Baru yang Lebih Bertenaga
  • Bergaya Adventure, Jeep Cherokee ini Pakai Mesin Baru yang Lebih Bertenaga

Solo, OX. Jeep Cherokee cukup tenar di era 90-an. Apa lagi ketika itu produksi pabrikan American Motor Company ini juga punya kapasitas mesin paling besar di kelasnya. Yang banyak beredar di Tanah Air, mengusung dapur pacu bawaan enam silinder segaris berkapasitas 3.964 cc, sehingga membuatnya dikenal sebagai peminum bensin sejati. Namun apa jadinya bila modifikator sekelas Purnomo Sidik mulai merombaknya. Selain opsi restorasi ditempuh, tema modifikasinya pun disasar menjadi real adventure. Oke, sekilas memang perubahannya tidak terlalu heboh, namun persepsi demikian akan berubah ketika membuka kap mesinnya.

"Saya ganti mesin diesel kepunyaan Toyota Prado," senyum Jhon, sapaannya. Pria yang berdomisili di daerah Mojosongo, Solo, Jawa Tengah ini memang bertekad tak tanggung mengeksplorasi potensi Cherokee. Sumber tenaga menjadi awal ubahan. Sebongkah dapur pacu baru bawaan Toyota Land Cruiser Prado berkode 13B dibenamkan. Mesin diesel berkapasitas 3.600 cc ini mengalami beberapa penyesuaian dudukan, termasuk girboks transmisi 4 percepatan yang juga bawaan Prado. Diakuinya kini keluaran torsi lebih melimpah. Beres di mesin, pemilik gerai Jhon Bengkel di JL. Sumbing Tengah, Solo ini memperkuat kinerja kaki-kaki yang diyakininya butuh penyegaran.

Ban diganti produk Bridgestone Dueler A/T 15 inci yang membalut pelek magnesium. Lalu suspensi memprcayakan sokbreker Procomp dikombinasikan dengan per standar yang telah di ubah menjadi coilover. "Supaya bisa diubah tingkat kekerasannya," jelas kelahiran Semarang, 45 tahun lalu ini. Kemudian keempat arm diganti model pillow ball dengan gardan standar bawaan Cherokee yang masih dipertahankan. Dengan ubahan demikian, dirasa cukup mumpuni menjelajah daerah pinggiran kota sekaligus menjajal medan off-road ringan.

APLIKASI PERNIK OFFROAD

Jhon merasa perlu memoles tampilan luar. Untuk mendukung tema adventure, berbagai pernik off-road dipasangkan. Dimulai dari bodi berkelir asli hitam yang dilabur warna baru, hijau dof. "Supaya ada kesan army," senyum Jhon. Kemudian untuk menyesuaikan kaki-kaki yang sudah kekar, bumper baru didesain ulang. Bumper depan dan belakang model custom bahan aluminium yang dikerjakan Jhon di gerainya sendiri ini ditempatkan perangkat winch label T-Max dan sepasang foglamp produk Hella. Kreasinya berlanjut ke side skirt yang merangkap foot step menyesuaikan lekuk over fender ala off-roader berbahan fiber glass. Tak ketinggalan, supaya tema adventure tambah kental, seperangkat roof rack custom yang juga bikinan sendiri disematkan di atap. Lengkap dengan hi-lift jack dan dudukan lampu fog lamp tambahan. Mantap sudah.

5 Comments

  1. Guest

    17 April 2018

    I see the greatest contents on your blog and I extremely love reading themwww.Avriq.com avriq India

Leave Comment

(Required)