Modifikasi > Modifikasi Motor >

Proyek H-D Digger Tiga Silinder Kolaborasi Seniman Jawa dan Jepang

  • Proyek H-D Digger Tiga Silinder Kolaborasi Seniman Jawa dan Jepang

Denpasar, OX. Proses pengerjaan iconic bike ketiga Suryanation Motorland 2017 sudah hampir selesai. Keseluruhan bagian motor yang dikerjakan terpisah oleh M. Yusuf Adib, Lulut Wahyudi, dan Kaichiroh Kurosu sudah selesai dibuat.

Pemenang Best of The Best Suryanation Motorland 2016, Yusuf Adib mengerjakan mesin tiga silinder konfigurasi ‘W’. Pria yang dijuluki ‘Profesor Mesin Ekstrim’ itu menggunakan basis mesin Harley-Davidson Sportster 883.

“Saya kerjakan pembuatan mesin, pengecoran, sampai pengecatan juga. Kesulitan mengubah mesin V-Twin jadi W Engine, salah satunya saya harus mengubah kerja cam yang harusnya enam cam (dua cam di setiap silinder), jadi lima cam. Ada satu cam yang bertugas mengangkat push rod in silinder tengah dan ex silinder depan,” terang Yusuf yang hadir di Suryanation Motorland 2017 Denpasar, Sabtu (21/10).

Di samping itu, pengerjaan sasis untuk motor yang mengangkat konsep Digger tersebut, dilakukan builder senior dari Retro Classic Cycle, yang juga Juri Suryanation Motorland 2017, Lulut Wahyudi. “Kurosu mau mengangkat lagi style Digger yang sempat eksis tahun 60’an, lalu meredup. Frame saya buat di Yogyakarta, mesin dibuat di Purwokerto, dan bagian bodi dikerjakan di Cherrys Company Jepang. Setelah mesin jadi, disesuaikan dengan framenya, karena kita enggak bisa kirim mesin ke Jepang. Kurosu buat tangki bensin, single seat, dan oil tank juga,” urai Lulut.

Iconic bike tersebut akan ditampilkan pada partai final Suryanation Motorland 2017 di Surabaya, pada 11-12 November. “Saat ini pengerjaan sudah 70 persen,” timpal Kurosu.

 

Leave Comment

(Required)