Teknik >

Sadis, Upgrade Motor H-D untuk Balap Trek Lurus Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah

  • Sadis, Upgrade Motor H-D untuk Balap Trek Lurus Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah

Bogor, OX. Indonesian Big Bike Drag Race Championship 2017-2018 menjadi tempat para pemilik motor besar menyalurkan hobi balap. Keseriusan para peserta untuk berkompetisi, salah satunya bisa dilihat dari modifikasi motor yang menelan biaya tidak murah.

Buat mendandani sektor jantung pacu motor besar seperti Harley-Davidson, sebagian besar komponen harus didatangkan dari luar negeri. Karena itu, biaya yang dikeluarkan untuk memboyong setiap kompone menjadi lebih mahal.

“Sekarang untuk mendatangkan komponen tidak mudah, prosesnya panjang  dan makan waktu lama. Komponen racing H-D kita ambil dari Amerika langsung, karena di sini belum ada yang berani buat. Beberapa part, seperti knalpot bisa bikin sendiri,” terang Irianto Nugroho, Punggawa Workshop Monochrome Jakarta yang ikut berkompetisi dalam Indonesian Big Bike Drag Race Championship 2017-2018 seri pertama di Lanud Rumpin, Bogor, Jawa Barat (29/10).

Pria yang akrab disapa Iir itu mengungkapkan, biaya modifikasi H-D untuk balap trek lurus bervariasi, sesuai spesifikasi yang diinginkan pemilik motor.

“Kita di Monochrome modifikasi sesuai dana pemilik motor. Mereka punya dana  Rp 50 juta misalnya, ya kita sesuaikan upgrade dan komponennya. Kalau mau (upgrade) lengkap ya memang biayanya bisa di atas Rp 100 juta,” sebut dia.

“Buat upgrade mesin, biasanya ganti cam, porting polish, dan ganti spuyer kalau motor karbu. Motor H-D yang sudah pakai sistem injeksi, tidak perlu beli ECU, cukup pakai Pro Tuner (sejenis piggy back) buat setel mapping. Beberapa pemilik H-D mengganti belt dengan rantai, tujuannya supaya putaran lebih presisi, karena belt itu bisa melar,” jelas Iir.

Selain mesin, perangkat pengereman juga perlu dipermak, untuk menjamin keselamatan pengendara. “Motor yang sudah upgrade mesin pastinya rem diganti, kaliper standar diganti pakai yang enam piston, piringan juga pakai lebih besar,” papar Iir.

 

Leave Comment

(Required)