Teknik >

Begini Caranya Supaya Aman dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor

  • Begini Caranya Supaya Aman dan Nyaman Berkendara Sepeda Motor

Jakarta, OX. Teknik berkendara merupakan aspek penting yang harus dikuasai setiap pengguna kendaraan bermotor. Buat penunggang pacuan roda dua, ada sejumlah cara berkendara yang perlu diterapkan untuk menjamin keselamatan, serta kenyamanan.

Pertama, posisi badan harus tegap saat berkendara, supaya kontrol pada sepeda motor lebih maksimal. Posisi kaki jangan terlalu melebar, usahakan paha dalam menjepit bagian sisi jok. Pandangan harus selalu fokus ke depan, jangan terlalu sering tengok kanan dan kiri.

Ketika melintas di jalan raya, patuhi setiap instrumen lalu lintas. Selain itu, berikan tanda ketika hendak berpindah jalur dengan menyalakan lampu sein, supaya tidak mengagetkan pengendara di belakang. Sebelum berbelok atau pindah jalur, periksa kondisi sekeliling dengan melihat kaca spion.

“Atur jarak jangan dengan kendaraan di depan, jangan sampai terlalu dekat. Kalau jaga jarak, pengendara punya cukup kesempatan untuk mengantisipasi keadaan di depan,” jelas AKP Herman Ruswandy, Kasi Dikmas Lantas Polda Metro Jaya.

Adapun jarak aman untuk sepeda motor, yakni tiga sampai lima meter ketika melaju dengan kecepatan di bawah 40 km/jam. Sementara, jika kecepatan motor 40-60 km/jam, jaga jarak lima sampai 10 meter dari kendaraan di depan. Jarak aman mutlak di atas 10 meter apabila motor sudah melaju di atas 60 km/jam.

Pengereman juga harus dilakukan dengan benar, supaya tidak terjadi slip hingga mengakibatkan kecelakaan. Gunakan rem depan dan belakang dengan porsi 60-40, supaya motor bisa melambat dengan stabil. Jika sepeda motor menggunakan rem cakram, jangan menekan rem dengan keras secara tiba-tiba, karena bisa menyebabkan roda mengunci, hingga motor kehilangan keseimbangan.

Ketika berada di belakang kendaraan besar, seperti truk dan bus, jaga jarak aman dan berjalanlah mengikuti salah satu sisi roda kanan atau kiri. Biasanya, truk dan bus menghindari lubang dengan menempatkan lubang tersebut di tengah kendaraan. Dengan mengikuti salah satu bagian roda, pengendara motor bisa ikut menghindari lubang yang tidak terlihat.

Satu lagi faktor penting saat berkendara, yaitu jaga kesabaran. Jangan terlalu sering menggunakan klakson, seperti saat macet atau berhenti di lampu merah, karena itu bisa memancing emosi pengendara lain.

Leave Comment

(Required)