Umum & Bisnis >

Tinggalkan Sistem Karburator, AHM Yakin CRF150L Lebih Baik dari Kawasaki KLX 150

  • Tinggalkan Sistem Karburator, AHM Yakin CRF150L Lebih Baik dari Kawasaki KLX 150

Jakarta, OX. PT Astra Honda Motor (AHM) meyakini penggunaan mesin injeksi pada CRF150L merupakan inovasi yang tepat. Teknologi injeksi bahan bakar (PGM-FI) dinyatakan lebih efisien dan resisten pada kondisi cuaca ekstrim.

Di sisi lain, teknlogi injeksi belum begitu populer di kalangan penyuka off-road. Salah satu alasannya, karena mesin karburator lebih sederhana, juga mudah diperbaiki jika mengalami masalah. Contohnya, salah satu kompetitor produk motor off-road 150cc, Kawasaki KLX150, masih mengandalkan karburator.

Namun, AHM menegaskan bahwa perawatan teknologi PGM-FI bisa dilakukan di bengkel resmi AHASS dan banyak bengkel umum. Selain itu, sistem injeksi bahan bakar bisa beradaptasi dengan cepat saat terjadi perubahan cuaca, sehingga lebih kecil kemungkinan mengalami masalah saat menjelajah medan ekstrim.

“Sistem karburator tidak cocok untuk digunakan di pegunungan dan medan off-road. Tekanan udara tinggi karena perubahan suhu bisa mengganggu kerja karburator. Teknologi PGM-FI ini punya karakteristik istimewa, membuat semburan bensin sempurna,” jelas Akihiro Momiyama, selaku Large Project Leader CRF150L.

Presiden Direktur PT AHM, Toshiyuki Inuma turut menjelaskan, keputusan menggunakan mesin injeksi juga terkait dengan masalah emisi bahan bakar di masa depan.

“Pemilihan tidak menggunakan karburator menjadi keputusan kami dengan berbagai pertimbangan. Karburator memang bisa di-adjust dalam range lebih luas. Tapi, terkait emisi kontrol untuk saat ini dan masa depan, mengadopsi FI pilihan paling baik saat ini. Khususnya, teknologi FI lebih tahan di suhu rendah,” ujar Inuma.

“Dengan begitu, kami bisa memberikan kepuasan kepada konsumen yang lebih luas. Model ini kami tawarkan bukan hanya untuk pemula yang baru memiliki motor off-road, tapi juga golongan profesional (penyuka off-road),” tambah pria asal Jepang itu saat presentasi peluncuran CRF150L di BSD, Tangerang Selatan (9/11).

Sementara itu, pemilihan mesin 150cc CRF150L yang diambil dari Honda Verza, dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan motor dan menekan harga jual. AHM berupaya memberikan motor dengan harga terjangkau, tapi tetap berkualitas.

“Mesin ini dipakai karena kami mempertimbangkan total balance dari motor ini. Mesin DOHC digunakan untuk motor performa tinggi, dan maintenancenya lebih sulit. Penggunaan pendingin udara (bukan liquid cooler) serta kreativitas lain dari tim RnD bisa menekan harga,” papar Inuma.

Leave Comment

(Required)