Teknik > Teknik Mobil > Profile Mobil >

PROFIL: MAZDA 3 HATCHBACK 2017

Tampil Stylish dan Prestise di Segmen Premium Hatchback, Mazda 3 Tawarkan Fitur Melimpah

  • Tampil Stylish dan Prestise di Segmen Premium Hatchback, Mazda 3 Tawarkan Fitur Melimpah
  • Tampil Stylish dan Prestise di Segmen Premium Hatchback, Mazda 3 Tawarkan Fitur Melimpah
  • Tampil Stylish dan Prestise di Segmen Premium Hatchback, Mazda 3 Tawarkan Fitur Melimpah
  • Tampil Stylish dan Prestise di Segmen Premium Hatchback, Mazda 3 Tawarkan Fitur Melimpah

Jakarta, OX. PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) melanjutkan salah satu generasi tipe unggulannya yakni Mazda 3.  Tipe ini sangat populer di Benua Amerika dan di sejumlah negara ditawarkan dalam varian sedan fastback, juga dengan ragam pilihan mesin bensin maupun diesel. Di awal periode tahun 2000-an sempat beredar generasi pertamanya sewaktu diageni Grup Indomobil.

Kini PT. EMI memutuskan untuk menjual generasi ketiganya ini dengan varian hatchback. Sempat diperkenalkan di bulan Maret 2017, kemudian dilanjutkan di event GIIAS lalu dan terakhir di ajang weekend test drive bertajuk Mazda Power Drive beberapa waktu lalu di Jakarta.

Mobil berkode bodi BN ini menawarkan desain yang stylish, performa mumpuni, teknologi terkini dan nilai craftsmanship yang presisi. Bodinya sedikit lebih besar dari Mazda 2 hacthback. Dimensinya punya panjang 4.475 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.465 mm. Jarak sumbunya yang 2.700 mm turut menunjang kestabilan dan handling-nya. Desainnya menerapkan bahasa desain Kodo khas Mazda, lanjutan dari desain CX-5, MX-5 dan Mazda 6 terbaru.

Paling kentara adalah siluet gril besar khas Mazda yang sudah diterapkan pada tipe-tipe terkini lainnya. Apalagi laburan kelir soul red metallic di bodinya membuat kesan eksklusif makin terasa. Di Mazda 3 ini desain lampu utamanya sudah mengaplikasi LED auto leveling, AFS dan H/L running lamp serta adaptive front-lighting system. Paling menarik ada di fog lamp yang sudah mengaplikasi LED dan LED strip.

Masuk kabin, kita akan disuguhi nuansa interior yang eksklusif. Dominasi warna hitam pada sejumlah panel interior berpadu selaras dengan jok depan model sport yang dibungkus kulit asli. Desain dasbornya atraktif. Head-up display akan terbuka dengan sendirinya begitu mesin dihidupkan, dilanjutkan multi information display pada monitor tengah yang seketika aktif. Fitur-fitur terkini mobil premium tersemat didalamnya. Diantaranya cruise control, lane keep assist, advanced parking sensor, active driving display, 2-way driving mode, electrick hand-brake, smart city brake support dan yang menarik adalah intelegent stop dan advanced blind spot monitoring. Semakin eksklusif karena di jok pengemudi ada fitur penyetelan elektrik lalu sunroof dan 9 speaker Bose.

Sumber tenaganya mengusung mesin bensin empat silinder segaris berteknologi SkyActiv-G berpenggerak roda depan. Kapasitasnya 1.998 cc dengan keluaran tenaga mencapai 165 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 210 Nm di 4.000 rpm. Klaimnya, meskipun berkapasitas besar namun pemakaian bahan bakarnya terbilang irit. Ini sudah kami buktikan di sesi test drive.

Paling mengasyikkan adalah transmisinya yang mengaplikasi SkyActiv Drive Automatic dengan 6 tingkat percepatan yang juga bisa dikendalikan lewat tuas paddle shift dengan mode manual 5 percepatan. Tingkat efisiensi dan eksplorasi performa bisa kita rasakan di dua mode pengendaraannya. Mazda 3 dijual di kisaran harga Rp 416 juta, artinya segmen premium hatchback yang disasar.  Rasanya, harga yang dipatok sepadan dengan nilai prestige dan sejumlah fitur-fitur unggulan yang tersemat.

Leave Comment

(Required)