Teknik >

Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi Penting Oli Suspensi!

  • Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi Penting Oli Suspensi!

Jakarta, OX. Kualitas penyerapan guncangan pada sepeda motor tidak hanya ditentukan oleh performa dan setelan suspensi belakang. Garpu depan juga memgang peranan penting dalam menunjang kenyamanan.

Meskipun kebanyakan suspensi depan standar pabrik tidak dilengkapi dengan fitur setelan preload dan rebound, kinerjanya bisa dioptimalkan dengan mengatur volume oli. Jumlah oli yang dimasukkan ke dalam tabung suspensi sangat berpengaruh pada tingkat peredaman.

“Volume oli bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mau dibuat empuk nyaman pemakaian harian, atau enak buat tikungan, tinggal atur volume oli,” jelas Bemmy Rachmawan, R&D Mitra 2000 Group.

Ditambahkan Benny, jenis oli yang digunakan juga besar pengaruhnya pada kualitas peredaman. Pemilihan oli suspensi merujuk pada kebutuhan motor, tidak bisa asal pakai. Jika salah pilih, dampaknya suspensi terlalu keras atau terlalu empuk.

“Oli suspensi itu juga ada jenisnya, makanya ada SAE dan sebagainya. SAE tinggi bikin rebound semakin lama, semakin encer oli yang dipakai, semakin ambles,” jelas dia.

Proses penggantian oli suspensi depan harus dilakukan dengan cermat. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan, yakni tekanan udara dalam tabung suspensi harus dikeluarkan sebelum memasukkan oli.

“Ketika oli dimasukkan tidak boleh bubbling (bercampur tekanan udara). Mekanik yang baik harus tahu cara bleeding, tekniknya harus benar. Sebelum memasukan oli, keluarkan dulu udara dari dalam tabung, makin vakum makin bagus,” papar Benny.

 

 

 

Leave Comment

(Required)