Teknik > Teknik Mobil > Profile Mobil >

FIRST DRIVE: HYUNDAI XCIENT 6X4 DUMP TRUCK

Begini Rasanya Jajal Truk Segede Rumah

  • Begini Rasanya Jajal Truk Segede Rumah
  • Begini Rasanya Jajal Truk Segede Rumah
  • Begini Rasanya Jajal Truk Segede Rumah

Jakarta, OX. Truk Hyundai kembali menancapkan keperkasaannya di Indonesia, setelah penjualannya lama vakum di tangan distributor lama. Kini PT. Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) selaku authorized distributor truk dan bus merek Hyundai yang baru di Indonesia kembali gencar memperkenalkan sejumlah produk truk yang nantinya secara resmi akan dipasarkan.

Setelah jajaran lini produknya sempat diperlihatkan ke publik di event GIIAS 2017, kini PT. HOKI mengajak Tim OX untuk dapat merasakan langsung  performa dua truk andalannya. Salah satunya truk kategori heavy duty Hyundai Xcient 6X4 Dump Truck yang saat ini merupakan tipe tertinggi yang didatangkan langsung secara CBU dari pabriknya di Yangjae-dong, kota Seoul, Korea Selatan ke Tanah Air.

“Xcient ini adalah unit test standar, yang akan dijual di Indonesia nanti punya spesifikasi reinforcement sasis, penyesuaian transmisi, gardan dan propeller shaft,” jelas Ari Tristianto Wibowo, marketing manager PT. HOKI.

Harapannya dengan penyesuaian spesifikasi ini nantinya secara performa akan jauh lebih baik dan secara teknis siap menghadapi kondisi overload. Langsung saja kami memasuki kabinnya. Salah satu yang menjadi perhatian dari Hyundai Truck adalah kenyamanan pengemudinya, dimulai ketika akan memasuki kabin. Pijakan kaki model tangga yang menyatu dengan bumper depan lebih rendah 105 mm. Ada tiga anak tangga berlangkah miring yang diklaim punya luas penampang paling besar di kelasnya, sudah begitu pegangan tangan untuk memasuki ruang kabin terasa sangat membantu dan mudah dijangkau.

Duduk di kursi pengemudinya, ergonomi terasa cukup nyaman, panel instrumen mudah dijangkau serta visibilitas area depan terpantau cukup baik, begitu juga dengan wilayah kiri dan kanan sekitar buritan termonitor dengan baik berkat kaca spion besar yang memadai. Posisi setir pun disesuaikan lewat fitur tilt and telescopic-nya. Mengemudikan truk ini layaknya mengendarai sebuah SUV namun berukuran sangat besar, sebanding dengan ukuran sebuah rumah sedang  dua lantai. Tahap pertama harus membiasakan diri dengan posisi duduk yang tinggi dan dimensi yang besar ini. Tenaga mesin diesel berkode D6HB3H kapasitas 9.960 cc berdaya 380 hp dan torsi 1.695 Nm ini sangat terasa, padahal muatannya telah diisi tanah pasir kapasitas 10 ton. Kami mencoba mengemudikannya di jalanan aspal dengan variasi kontur tanjakan dan tikungan tajam.

Tidak ada kendala berarti, hanya saja bedanya dengan mobil penumpang biasa, musti membiasakan dengan momen perpindahan gigi transmisi manual 8 percepatannya melalui hentakan tangan yang agak keras. Secara keseluruhan cukup mengasyikkan dan terbilang nyaman. Hal ini diamini Odeng, salah satu pengemudi truk berpengalaman yang mendampingi kami melakukan sesi uji coba. Dirinya mengapresiasi keluaran tenaga berlimpah yang dihasilkan Xcient meskipun membawa muatan banyak.

Kehandalan melahap medan tanah pasir setengah basah ditunjukkannya dengan variasi kontur menanjak. Selain mesin, dukungan rangka barunya turut berpengaruh. Metode roll forming digunakan pada rangka tipe high-tensile, dimana terdapat penambahan panjang antar rangka hingga 60 mm yang memastikan kenyamanan berkendara sekaligus performa pengendalian. Mantap!