Teknik > Teknik Mobil > Profile Mobil >

FIRST DRIVE: ALL NEW HYUNDAI MIGHTY EX8

Uji Ketangguhan Truk Hyundai, Si ‘Kepala Biru’ Kini Semakin Seru

  • Uji Ketangguhan Truk Hyundai, Si ‘Kepala Biru’ Kini Semakin Seru
  • Uji Ketangguhan Truk Hyundai, Si ‘Kepala Biru’ Kini Semakin Seru
  • Uji Ketangguhan Truk Hyundai, Si ‘Kepala Biru’ Kini Semakin Seru
  • Uji Ketangguhan Truk Hyundai, Si ‘Kepala Biru’ Kini Semakin Seru

Jakarta, OX. Pada kesempatan uji coba dua truk barunya yaitu Xcient dan Mighty, PT. Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) selaku authorized distributor truk dan bus merek Hyundai yang baru di Indonesia juga memberikan kesempatan Tim OX untuk merasakan performa dari truk kategori light duty cargo unggulan mereka, yaitu All New Hyundai Mighty EX8. Si ‘Kepala Biru’ ini punya sejarah di bidang transportasi komersial di Indonesia dan punya penggemar tersendiri.

Dipasarkan sejak tahun 2007 di Indonesia oleh distributor lamanya mampu terserap ribuan unit selama sewindu penjualannya. “Para pemilik Mighty lama yang kami temui sangat puas di produk, populasinya mencapai 5.000 unit, paling banyak di Pulau Jawa,” jelas Iki Wibowo, presiden direktur PT. HOKI yang menemani Tim OX menjajal kedua truk barunya ini.

Hal ini yang mendasari PT. HOKI akan kembali memasarkan generasi terbaru Mighty ini. Sekilas perbedaannya ada pada dimensi. Mighty baru ini punya kesan bodinya lebih rendah dari yang lama. Justru hal ini membuat akses keluar masuk kabin menjadi lebih mudah, ditambah kini posisi pijakannya lebih panjang dan lebar. Sudut buka 80° dan potongan pintu yang lebih besar juga turut membantu akses keluar masuk. Kendaraan niaga ini punya panjang sasis 6.620 mm, pada bodinya tertanam material baja zinc-galvanized sebanyak 79% dan material baja high tensile sebanyak 38% pada cangkang bodinya.  

Masuk ke kabinnya dengan mudah akan merasakan nuansa interior layaknya mobil penumpang biasa berjenis minibus. Lingkar kemudi dapat diatur dengan fitur tilt and telescopic menyesuaikan posisi setir yang diinginkan, ditambah ergonomi joknya terakomodir dengan baik. Apalagi posisi pedal di kaki terasa pas dan nyaman.

Paling terasa ketika duduk di kursi pengemudinya adalah tingkat visibilitas ke depan yang sempurna. Dibanding Mighty lama, kaca depannya lebih panjang 70 mm dan lebih lebar 20 mm. Sesuai dengan prinsip Hyundai Truck saat ini fokus pada kenyamanan pengemudinya.

"Yang menjadi unggulan dari truk ini adalah kita akan mendapatkan kenyamanan seperti mengemudi mobil biasa. Hyundai sangat peduli dengan posisi mengemudi, ini penting karena berpengaruh pada tingkat kelelahan pengemudi. Kami mencoba Mighty ini hanya di jalanan beraspal dengan variasi kontur menanjak dan menikung," jelas Ari Trsitanto Wibowo, Marketing Manager PT HOKI.

Sebelumnya, bak penampung diberi muatan sesuai batasan dimensi baknya, isinya 200 kantong semen putih yang setara dengan bobot 8 ton. Sehingga total berat kendaraan mencapai 10 ton.

Di jalanan datar dan menikung, Mighty sangat mengasyikkan dikendarai bahkan cukup seru karena tenaga yang dihasilkan terus mengisi seakan lupa sedang menggendong beban cukup berat. Yang paling terasa ketika akan melahap kontur menanjak, diperlukan ancang-ancang dan putaran mesin yang pas untuk bisa menanjak sekali jalan. Suatu kondisi yang wajar karena beratnya beban yang diusung.

Mighty sendiri juga telah dilengkapi dengan fitur exhaust brake yang akan bekerja ketika jalan menurun sehingga tak murni mengandalkan rem. Mesinnya mengandalkan direct injection diesel berkode D4DB13 kapasitas 3.907 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 130 hp pada 2.900 rpm dan keluaran torsi 375 Nm di 1.800 rpm. Jadi pilihan yang kompetitif di segmen pasar yang ketat.