Teknik > Teknik Mobil >

Perawatan Mesin Turbo, Rekondisi dengan Reblading Turbine

  • Perawatan Mesin Turbo, Rekondisi dengan Reblading Turbine

    Gap atau jarak antara turbin dan dinding turbo sangat berpengaruh

  • Perawatan Mesin Turbo, Rekondisi dengan Reblading Turbine

    Bukti blade waktunya direpair atau reblading

  • Perawatan Mesin Turbo, Rekondisi dengan Reblading Turbine

    Aris : “butuh ketelitian tingkat tinggi”

Surabaya, OX. Turbo mempunyai salah satu bagian penting yaitu turbin. Turbin adalah semacam kipas yang berfungsi menyedot udara. Turbin juga bisa mengalami keausan. 

Kalau sudah begitu saatnya turbo direkondisi. Untuk rekondisi turbinnya disebut reblading turbine shaft. Tujuannya agar turbin shaft bisa kembali kebentuk asalnya. 

 “Turbin shaft dengan daun yang sudah gripis akan sangat mempengaruhi performa kerja turbocharger. Salah satunya suara turbo jadi berdengung kencang,” terang Aris Suhendy, owner Eddy Turbo, spesialis repair turbocharger Surabaya.

Menurut Aris kecepatan putaran turbo atau rpm turbo sangat dipengaruhi oleh gap (clearance) antara turbine blade dan cover ring. Tidak sesuai sepersekian millimeter saja sudah sangat mempengaruhi performa turbocharger.

Nah, bagaimana rekondisi turbine shaft itu secara detail? Rekondisi shaft jika memang bladenya tidak terlalu parah bias dilakukan dengan pengelasan argon. Tentunya dengan tenaga ahli yang berpengalaman. 

“Tingkat kesulitannya sangat tinggi. Karena bentuk dan aerodinamika blade harus tetap terjaga,” jelas Aris. Namun jika sudah terlalu parah, diharuskan mengganti dengan turbine blade yang baru.

Setelah dilakukan rekondisi blade atau reblading tadi, diharuskan di balancing ulang agar pergerakan bladenya sempurna. Terutama untuk turbine shaft pada turbocharger tipe VTR dan Napier yang menggunakan ball bearing.

Nah, bicara balancing adalah perkara yang sangat susah karena bisa memakan waktu berjam-jam lamanya. Menemukan angka yang masuk kategori balance (seimbang) butuh kesabaran ekstra. Jadi harus sabar ya. “Bisa sampai 1 minggu lebih jika kerusakannya parah,” ucap Aris, sambil menyebutkan biaya reblading yang dikenakan mulai dari Rp 350 ribu keatas tergantung parah tidaknya kerusakan dan besar kecilnya turbo.

Eddy Turbo, Jl.Kawi nomer 17, Surabaya
Telp : +62 31 5316313, +62 31 534 0659
www.eddy-turbo.com
 

Leave Comment

(Required)