Umum & Bisnis > Motor >

All New Honda PCX Pakai Mesin Vario 150? Ini Perbandingannya

  • All New Honda PCX Pakai Mesin Vario 150? Ini Perbandingannya

Jakarta, OX. All New Honda PCX lansiran pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) di Sunter, Jakarta Utara, dibekali mesin baru yang memiliki spesifikasi sedikit berbeda dari PCX lawas. Pihak AHM menyatakan, ada teknologi mesin dari Honda Vario 150 eSP yang diserap All New PCX.

Menelisik data spesifikasi mesin yang tertulis di brosur All New Honda PCX, diketahui skutik bongsor tersebut menggendong mesin berkapasitas 149,3 cc dengan diameter bore x stroke 57,3 x 57,9 mm. Sementara, Honda PCX versi terdahulu yang berstatus Completely Built-Up (CBU) dari Thailand memiliki kubikasi sedikit lebih besar, yakni 153cc dengan diameter bore x stroke 58,0 x 57,9.

Secara umum, All New Honda PCX tetap mempertahankan tipe mesin square yang memiliki karakter suplai tenaga merata dari putaran bawah sampai atas. Dengan diameter bore lebih kecil, All New Honda PCX akan memiliki torsi sedikit lebih besar yang berdampak pada kemampuan akselerasi lebih baik.

Di sisi lain, spesifikasi All New PCX justru sangat identik dengan Vario 150 eSP, dengan rasio kompresi 10,6:1. Adapun tenaga yang bisa dihasilkan oleh mesin Vario 150 eSP, yakni 12,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 12,8 Nm pada 5.000 rpm. Kemungkinan besar, daya mesin All New PCX tidak jauh berbeda.

Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya mengeluarkan pernyataan yang memperkuat dugaan kesamaan mesin All New Honda PCX dengan Vario 150 eSP. “Mesin (All New PCX) pakai base PCX yang lalu, disempurnakan dengan yang baik (kelebihan mesin) Vario 150,” ujar dia selepas seremoni pengenalan All New Honda PCX di Jakarta (13/12).

 Selain membuat formulasi mesin baru, AHM juga memberikan suntikan teknologi pada All New PCX, seperti aplikasi ABS di rem depan (tipe ABS) dan smart key system untuk menunjang sistem keamanan motor. Perangkat headlight dan taillight sudah menerapkan pencahayaan lampu LED, serta terdapat Multi Information Display (MID) full digital.

Dengan segenap kebaruan teknologi dan fitur yang dimiliki, All New Honda PCX akan dijual dengan kisaran harga Rp 27-32 juta. Terdapat empat pilihan warna, yakni merah, hitam, putih, dan light gold.