Sport >

Seri Kedua Balap Trek Lurus Motor Gede Dibuat Lebih Meriah di Sirkuit Sentul

  • Seri Kedua Balap Trek Lurus Motor Gede Dibuat Lebih Meriah di Sirkuit Sentul

Jakarta, OX. Seri balap kedua Indonesian Big Bike Drag Race Championship 2017-2018 akan diselenggarakan di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Februari 2018. Ada delapan kelas balap yang akan bergulir, ditambah lima kelas yang penyelenggarannya tertunda di seri pertama akibat cuaca ekstrim.

Ajang balap yang didukung oleh Authorized Dealer Anak Elang Harley Davidson of Jakarta Tersebut diprediksi bakal kedatangan lebih banyak peserta di seri kedua nanti. Untuk itu, panitia melakukan persiapan teknis dengan matang, termasuk mengantisipasi jika perubahan cuaca kembali terjadi.

“Seri pertama telah berjalan dengan sukses, dengan jumlah peserta lebih dari 150 starter. Kami tetap berkomitmen mendukung kegiatan ini, karena merupakan bentuk partisipasi kita mendukung komunitas besar di Indonesia, khususnya penggemar motor besar Harley-Davidson. Ada teman-tema yang sudah kontek saya, mereka perorangan (privater) mau bergabung dengan tim yang sudah ada, jadi saya arahkan mereka harus ke tim man,” jelas Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Minggu (17/12).

“Gangguan cuaca pada seri pertama menjadi masukan buat kita untuk venue-nya lebih safe untuk menghadapi perubahan cuaca, apalagi Januari sampai Februari masih musim hujan. Kita buat di Sirkuit Sentul yang lebih safe, karena untuk pembalap juga kita lebih memperhatikan safety-nya,” lanjut Sahat.

Indonesian Big Bike Drag Race Championship disebut-sebut sebagai ajang reuni  buat para pembalap senior, sekaligus menjadi tempat pertemuan dengan joki muda. Untuk mengakomodir keinginan jiki veteran, di seri kedua nanti akan ada kelas khusu FFA usia di atas 55 tahun. Biaya pendaftaran kelas utama di seri dua ditetapkan Rp 500 ribu, tapi untuk kelas tunda tidak dikenakan biaya apapun.

“Dalam seri satu lalu para bikers senior semapt reuni dengan sesama pecinta motor dan peserta drag race yang terakhir dilakukan 13 tahun lalu. Tak heran jika para bikers kawakan ingin turut serta dalam kompetisi seri kedua. Jika dapat dilaksanakan, adanya kelas ini (FFA 55+) akan ,enambah dinamika IBBDRC,” ujat Suherli, Director Harley Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter.

Selain menyelenggarakan balapan, seri kedua Indonesian Big Bike Drag Race Championship nanti akan diisi dengan bazaar produk industri kreatif lokal, pertunjukan musik, pameran berbagai motor besar, dan festival kuliner. “Pengunjung juga akan dilibatkan dalam berbagai games yang sangat menghibur,” timpal Djoko Iman Santoso, Direktur SpeedLover Indonesia selaku promotor Indonesia Big Bike Drag Race Championship.

Kelas seri 2:
1. Kelas Street sampai dengan 750cc
2. Kelas Sportster sampai dengan 1200cc
3. Kelas Dyna dan Softail sampai dengan 1550cc Evolution & Twin Cam Engine
4. Kelas Dyna dan Softail sampai dengan 1900cc Twin Cam Engine
5. Kelas Touring sampai dengan 1550cc Evolution & Twin Cam Engine
6. Kelas Touring sampai dengan 1900cc Twin Cam Engine
7. Kelas FFA Harley-Davidson Street, Sportster, Dyna, Softail, Touring, dan Vrod
8. Kelas FFA Umum untuk semua tipe dan merek kendaraan bermotor roda 2 minimum 500cc ke atas
 
Kelas tunda seri 1:
1. Kelas Dyna dan Softail sampai dengan 1900cc Twin Cam Engine
2. Kelas Touring sampai dengan 1550cc Evolution & Twin Cam Engine
3. Kelas Touring sampai dengan 1900cc Twin Cam Engine
4. Kelas FFA Harley-Davidson Street, Sportster, Dyna, Softail, Touring, dan Vrod
5. Kelas FFA Umum untuk semua tipe dan merek kendaraan bermotor roda 2 minimum 500cc ke atas