Teknik >

Cara Merawat Motor Besar yang Lama Disimpan di Kandang

  • Cara Merawat Motor Besar yang Lama Disimpan di Kandang

Jakarta, OX. Banyak pemilik motor besar yang lebih sering mengandangkan motornya, karena menjadi barang koleksi. Walaupun jarang dipakai, motor besar butuh perawatan telaten, enggak boleh sembarangan.

Sejatinya tidak sulit melakukan perawatan motor koleksi, yang paling penting adalah menjaga daya tahan perangkat kelistrikan. Cara merawatnya sangat mudah, cukup menghidupkan mesin motor secara berkala, agar baterai (aki) tidak drop.

“setidaknya memanaskan (motor) tiga hari sekali dalam seminggu, nyalakan 10 sampai 15 menit sudah cukup supaya aki tidak drop. MV Agusta biasanya kasih charger aki sepaket dengan motor,” ujar Presiden MV Agusta Owners Club Indonesia (MVOCI), Febby Sagita yang sudah berpengalaman merawat motor besar termasuk MV Agusta.

Pria bergaya modis itu menyarankan agar motor tidak diendapkan terlalu lama di garasi, setidaknya diajak berkendara jarak dekat. “Dibawa riding lebih bagus, supaya ban, dan suspensi bisa bekerja dengan baik. Biasanya sih pemilik MV (Agusta) riding pas weekend,” ungkapnya.

Hal lain yang harus diperhatikan, yakni perilaku saat mencuci motor besar. Tidak dianjurkan dicuci steam menggunakan air bertekanan tinggi, karena banyak sensor penting yang sensitif jika terkena air.

“Di bagian stang itu terdapat sensor throttle, kalau itu kena air bisa error. Jadi,  usahakan jangan cuci steam apalagi bagian stangnya, cukup pakai air mengalir saja. Kalau (sensor gas) sudah kemasukan air, motor jangan dinyalakan, keringkan dulu dengan kompresor,” terang pria yang doyan balap motor tersebut.