Teknik >

Setting Suspensi Belakang yang Benar, Harus Dengar Curhatan Pemilik Motor

  • Setting Suspensi Belakang yang Benar, Harus Dengar Curhatan Pemilik Motor

Jakarta, OX. Peran suspensi di sepeda motor cukup krusial, sebab sangat berpengaruh pada kemampuan manuver dan kenyamanan. Akurasi penyetelan suspensi menjadi faktor penting untuk mendapatkan kualitas peredaman sesuai kebutuhan.

Saat menyetel suspensi, pengguna motor harus ikut serta, karena perhitungan rebound dan kompresi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Urutan penyetelan harus tepat, karena sangat berpengaruh pada kualitas kerja suspensi yang didapatkan.

“Penyetelan itu harus benar langkahnya. Pasang semua bagian dengan benar, kemudian (keregangan) per disesuaikan dengan tubuh pengguna motor, kompresi dan reboun di nol-kan dulu. Kalau sudah baru setel rebound dan kompresi. Jangan sampai terbalik prosesnya,” jelas Benny Rachmawan, Product Development Mitra 2000.

Mengubah setelan suspensi juga harus melihat panduan dari buku manual kendaraan. Jangan asal melakukan perubahan, karena setelan standar pabrik sudah diperhitungkan dengan presisi, sedangkan ubahan setelan dilakukan untuk menyesuaikan kerja peredaman.

“Saat melakukan modifikasi suspensi itu lihat buku manual. Motor itu dibikin oleh banyak profesor, jadi sudah diperhitungkan untuk melewati infrastruktur di Indonesia. Perubahan itu tidak belok dari kondisi standar, hanya pengembangan dari kondisi orisinal. Karena itu, dikomunikasikan (ke mekanik) maunya suspensi seperti apa, mau buat enak di tikungan atau mau lewat jalan rusak,” lanut Benny.

Untuk suspensi depan, jenis dan takaran oli sangat menentukan kualitas peredaman. Tingkat kekentalan oli suspensi mempengarhi peredaman keras atau empuk.

“Volume oli bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mau dibuat empuk nyaman pemakaian harian, atau enak buat tikungan, tinggal atur volumenya. Oli suspensi itu ada juga jenisnya , makanya ada SAE dan sebagainya. SAE tinggi bikin rebound semakin lama, semakin encer oli yang dipakai, semakin ambles,” terang Benny.

 

 

 

2 Comments

  1. Guest

    05 Januari 2018

    http://otomotifxtra.com/read/4796/Audio-Honda-Odyssey-Gaya-VIP-Sepenuh-Hati

Leave Comment

(Required)