Teknik >

Kalau Remot Suzuki GSX-R150 Hilang, Lakukan Tindakan Ini

  • Kalau Remot Suzuki GSX-R150 Hilang, Lakukan Tindakan Ini

Jakarta, OX. Remot pada Suzuki GSX-R150 berfungsi untuk menghidupkan sistem kelistrikan motor, sebagai pengganti anak kunci. Jika remot tersebut hilang, jangan panik, masih ada cara lain untuk menghidupkan motor.

Di bagian belakang remot, terdapat empat digit nomor id yang harus dicatat pemilik. Nomor tersebut akan ditanyakan saat hendak meminta remot cadangan di diler resmi.

“Di bagian belakang remot, dekat baterai terulis empat digit nomor id, nah nomor itu harus dihapal oleh pemilik motor. Saat remot hilang, bisa datang ke diler untuk mendapatkan remot cadangan dengan menunjukkan STNK dan nomor id,” jelas Technical Quality Overseas Suzuki, Indra Kharisma.

Fungsi remot memang untuk mengaktifkan kelistrikan motor GSX-R150, tapi jika remot hilang ketika mesin sudah menyala, motor tidak akan langsung mati.

“Kalau remot hilang di jalan, motor tidak langsung mati, tapi lampu indikator keyless akan berkedip. Waktu motor dimatikan, masih ada waktu 30 detik untuk menghidupkan kembali dan mencari remot atau pergi ke diler meminta remot cadangan,” tutur Indra.

Fungsi remot pada Suzuki GSX-R150 memang bukan untuk menyalakan atau menghidupkan motor, tapi motor hanya bisa dinyalakan jika remot berada dalam jarak satu meter dari motor, atau lebih singkatnya dikantungi pengendara. Jika remot hilang atau berjarak lebih dari satu meter dari motor, knop untuk meghidupkan motor tidak bisa diputar ke arah ‘ignition’.

“Kalau lebih dari satu meter, knob tidak bisa dioperasikan. Jarak remot harus satu meter untuk menyalakan motor, dan paling jauh 20 meter untuk answer back. Satu lagi, jika motor tidak dihidupkan selama sembilan hari, fungsi answer back tidak bisa dijalankan. Untuk mengaktifkan kembali, motor harus dinyalakan dulu,” terang Indra.

Keyless ignition system juga berperan untuk menjamin keamanan motor saat diparkir. Meskipun pencuri bisa mengakali cara memutar knop, motor tetap tidak bisa dinyalakan.

“Knop bisa saja dicabut lalu dihajar dengan kunci “T”, tapi motor tetap saja tidak bisa dinyalakan, karena kelistrikannya mati,” tegas Indra.

Fitur keyless ignition system diberikan hanya pada Suzuki GSX-R150, sedangkan GSX-S150 hanya dibekali magnetic key shutter sebagai pengaman lubang kunci.