Teknik > Teknik Motor > Tips >

Dua Pertimbangan Penting Saat Pilih Wiper dan Cara Merawatnya

  • Dua Pertimbangan Penting Saat Pilih Wiper dan Cara Merawatnya

Jakarta, OX. Wiper merupakan salah satu part pendukung berkendara yang ternyata keberadaanya sangat penting pada mobil. Wiper yang kualitasnya sudah menurun, tidak bisa menyapu air di kaca mobil dengan optimal, sehingga sisa air bisa mengganggu pandangan. Selain itu, karet wiper yang getas dapat menggores kaca mobil.

Air hujan yang mengguyur kaca akan sangat mempengaruhi jarak pandang saat berkendara, oleh karena itu kualitas wiper menjadi sangat vital. Tingkat kebersihan sapuan adalah hasil yang harus diperhitungkan saat memilih wiper. Bunyi yang dihasilkan saat proses penyapuan air juga menjadi indikasi baik atau tidaknya kualitas wiper.

 “Wiper yang bagus harus dapat menyapu air dengan sempurna, serta suara yang tidak berisik. Selain itu, satu hal yang tidak kalah penting, (wiper) tidak meninggalkan goresan di kaca mobil. Jika hal ini terjadi (goresan di kaca mobil) tak hanya mengganggu pandangan namun kaca mobil juga harus mengalami pergantian nantinya, “ ungkap Assistant Manager Powertrain  PT Denso Sales Indonesia Yusup Budi Setio.

Yusup menambahkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih karet wiper, diantaranya ujung karet yang benar-benar rata sehingga dapat menyapu air dengan maksimal. Salah satu produk wiper Denso dengan graphite coating technology ditambah lapisan carbon, mampu mengurangi gaya gesekan sehingga sapuan wiper menjadi lebih halus, bahkan teknologi ini juga dapat  menjaga usia pakai water repellent jika kaca mobil menggunakannya.

Akan tetapi meskipun karet wiper dilengkapi dengan teknologi ini, pemeliharaan serta perawatan juga dibutuhkan, “Salah satu yang mempercepat usia pakai wiper adalah terpaan panas matahari saat parkir dan ada baiknya posisi wiper diangkat sehingga panas dari kaca tidak terkena pada karet wiper sehingga usia karet akan lebih panjang,” tutup Yusup.  

 

 

Leave Comment

(Required)