Teknik >

Membedah Teknologi dan Fitur Kekinian di Datsun Cross

  • Membedah Teknologi dan Fitur Kekinian di Datsun Cross
  • Membedah Teknologi dan Fitur Kekinian di Datsun Cross
  • Membedah Teknologi dan Fitur Kekinian di Datsun Cross

Jakarta, OX. Datsun Cross yang baru diperkenalkan di Indonesia pada Kamis (18/1) punya sejumlah keunggulan teknologi ketimbang mobil ‘murah’ Datsun Go dan Go Plus. Karena itu, Datsun Cross diposisikan di level yang lebih tinggi untuk menjangkau konsumen yang mengidamkan kendaraan penunjang gaya hidup sekaligus fungsional.

Dapur tenaga ditunjang mesin 1.200cc tiga silinder yang diserap dari basis mesin Datsun Go. Tersedia dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan CVT yang turut mempengaruhi besaran suplai tenaga dari mesin. Tenaga mesin yang dikawinkan dengan transmisi manual terpatri di angka 68 dk, sedangkan dengan CVT tenaga mesin lebih optimal menjadi 78 dk.

“Transmisi CVT memberikan akselerasi halus serta efisiensi bahan bakar. Transmisi CVT yang digunakan pada Datsun Cross ini diambil dari teknologi CVT Nissan yang kredibel. Mesin Datsun Cross sama dengan Datsun Go dan Go Plus tapi dengan control unit yang berbeda, untuk menghasilkan performa lebih maksimal,” jelas Nobuyuki Kawai, Datsun Chief Vehicle dari Nissan Motor Company Limited.

Bagian ‘kulit’ dari Datsun Cross sudah dirancang untuk menjelajah di berbagai kontur jalanan. Terpasang skid plate di bagian bawah mobil untuk melindungi dari gesekan batu atau benda lain di permukaan jalan. Body cladding melapisi bagian bawah keempat pintu, ditambah over fender yang menguatkan karakter crossover.

Datsun tidak mau kompromi pada kualitas keamanan mobil barunya, karena itu sistem Anti-Lock Braking System, Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist, Vehicle Dynamic Control, dan SRS Airbag dijadikan kelengkapan standar. Lebih dari itu, ada fitur traction control agar pengendara bisa menemukan karakter akselerasi yang sesuai gaya berkendara dan kondisi jalan.

Fungsi pencahayaan diakomodir projector headlamp yang dilengkapi mode otomatis. Daylight Running Light (DRL) LED dan lampu sein menyatu dengan headlamp,sementara fog lamp ditempatkan tepat di bawah headlamp.

Selain kenyamanan dan peforma, fungsionalitas Datsun Cross juga sangat diperhitungkan. Terdapat bagasi penyimpanan yang kapasitasnya bisa diperluas dengan melipat jok baris ketiga. Roof rail juga bisa menjadi area penyimpanan barang bawaan hingga 30 kilogram.