Teknik >

Beberapa Faktor yang Bikin BMW G310 GS Kuat Dipakai Keluar Jalan Aspal

  • Beberapa Faktor yang Bikin BMW G310 GS Kuat Dipakai Keluar Jalan Aspal

Jakarta, OX. BMW G310 GS melengkapi line up produk motor dengan kapasitas mesin di bawah 500cc dari BMW Motorrad. Meskipun hanya mengandalkan mesin 313cc satu silinder, BMW Motorrad Indonesia menyatakan motor tersebut mampu meladeni kebutuhan perjalanan on road maupun off road tanpa banyak kendala.

Setelan mesin BMW G310 GS sama persis dengan jantung pacu pada BMW G310 R. Tidak ada penambahan torsi, rasio kompresi, bahkan ukuran gir juga tidak berbeda.

Tenaga gerak yang mampu dihasilkan dari mesin 313cc pada BMW G310 GS menyentuh angka 33,5 daya kuda dan torsi puncak 28 Nm. BMW Motorrad memasang mesin berkarakter over bore, dengan diameter bore dan stroke 80 mm x 62,1 mm yang mampu menghadirkan tenaga berlimpah pada putaran mesin rendah. Dengan karakter mesin seperti itu, motor bisa mendapatkan kecepatan akselerasi optimal, termasuk saat mendaki.

Tidak banyak mode elektronika pada BMW G310 GS, fitur pendukung hanya sebatas Anti-Lock Braking System (ABS) di kedua roda. Sistem ABS bisa diaktifkan dan dimatikan lewat tombol switch di stang kemudi. Sementara, sistem traction control tidak dipasang, karena dianggap tidak dibutuhkan untuk motor dual purpose.

“ABS bisa dimatikan untuk kebutuhan off road, jadi pengereman lebih dapat. Traction control itu enggak perlu untuk motor off road gini, karena traction control itu kan menyesuaikan putaran roda depan dan belakang. Saat pakai motor di medan off road itu butuh putaran roda belakang yang kuat, kalau pakai traction control putarannya dikurangi, hilang momentumnya. Pakai traction control juga harganya pasti enggak bisa 100 jutaan,” jelas Joe Frans, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia.

Selain ditunjang kemampuan mesin, daya jelajah BMW G310 GS di medan ekstrim turut diperkuat garpu depan upside down dengan panjang travel lebih tinggi 4 cm dan suspensi belakang lebih tinggi 4,9 cm dibandingkan yang terpasang di BMW G 310 R. Lampu depan ditempatkan lebih tinggi dari stang kemudi, serta terpasang windscreen berukuran kecil.

Ukuran roda disesuaikan, menggunakan kombinasi pelek diameter19 inci pada roda depan, dan 17 inci roda belakang, dibalut ban kasar Metzeler ukuran 110/80-19 dan 150/70-17. Perangkat pengereman cakram plus Anti-Lock Braking System (ABS) terpasang di kedua roda. 

 

Leave Comment

(Required)