Umum & Bisnis > Motor > News >

Dijual Mulai Rp 27 Jutaan, All New PCX 150 Pakai Mesin Baru Rakitan Lokal

  • Dijual Mulai Rp 27 Jutaan, All New PCX 150 Pakai Mesin Baru Rakitan Lokal

Jakarta, OX. All New Honda PCX 150 yang sudah dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) diberikan jatah mesin yang diproduksi lokal di Indonesia. Meskipun sekilas sama dengan spesifikasi Honda Vario 150 eSP, mesin PCX punya konfigurasi berbeda yang berpengaruh pada performa.

Honda mengembangkan mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan daya jelajah All New PCX. Layout dan spesifikasi mesin berubah cukup signifikan dibandingkan PCX versi Completely Built Up (CBU) dari Vietnam.

Skutik premium Honda yang dirakit di Sunter, Jakara Utara tersebut memiliki spesifikasi mesin bore x stroke 57,3 mm x 59 mm, rasio kompresi 10,6:1. Pergerakan mesin mampu menyemburkan tenaga gerak 14,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,2 pada 6.500 rpm.

“Perbedaan mesin All New Honda PCX 150 ada di air filter, juga layout mufflernya. Piston dan crankcase juga berbeda layoutnya, untuk memgakomodir perubahan belt nya. Silndernya sama dnegan Vario 150 eSP,” jelas Yasuyuki Maeda, Honda R&D Co., LTD. Motorcycle R&D Centre, PCX Large Project Leader.

Penyesuaian lain pada All New PCX 150 lokal, yaitu bobotnya yang berkurang sekitar tiga kilogram dari PCX CBU. Penyusutan bobot itu didapatkan dari perubahan konstruksi frame dan pelek.

“Dudukan cover depan diganti dengan bahan resin (sebelumnya besi), beratnya berkurang 2,4 kilogram. Roda pakai ban depan dan belakang lebih besar, tapi berat pelek depannya berkurang 0,2 kilogram dan pelek belakang 0,6 kilogram,” timpal Maeda.

Peremajaan sektor kaki juga diberikan pada suspensi, berupa penambahan jarak travel, supaya pengendara jadi lebih nyaman. “Jarak main suspensi ditambah 15 mm. Jok dibuat lebih tebal,” sahut Maeda.

All New Honda PCX 150 versi lokal dibanderol seharga Rp 27,7 juta (on the road Jakarta tipe CBS) dan Rp 30,7 juta (on the road Jakarta versi ABS). Ada empat pilihan warna, yakni hitam, putih , merah dof, dan emas.  “Saat ini sudah ada 12.000 pesanan yang masuk. Kita akan penuhi distribusinya di bulan Maret,” ujar Direktur Marketing PT AHM Thomas Wijaya.

Leave Comment

(Required)