Teknik >

Rawat Aki

Sedikit Perhatian Biar Panjang Umur

  • Sedikit Perhatian Biar Panjang Umur

Jakarta, OX. Berbagai pilihan aki di tawarkan mulai dengan aki basah, aki kering hingga aki free maintanance yang tidak perlu dirawat, namun demikian semua jenis aki tetap diperlukan perawatan serta perlakuan khusus agar usia pakai bisa menjadi lebih panjang terutama jika masih menggunakan aki basah atau konvensional, nah ada beberapa perlakuan yang dapat memperpendek usia pakai aki.

“Perawatan aki serta penggunaan arus listrik yang berlebihan sangat berpengaruh pada usia pakai aki selain dari kondisi sistim pengisian atau alternator dari mobil yang bertugas untuk melakukan pengisian pada aki,” ungkap Muksin dari team Operational Fast.

“Jika kurangnya pemasukan arus listrik untuk mengisian atau low charger berlahan performa aki akan terus menurun, apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama akan merusak kondisi aki,” tambah Muksin.

Dalam perawatan aki salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi kepala aki, jika mulai terjadi penumpukan kerak dikepala aki sebaiknya segera dibersihkan dengan cara menyiram dengan air panas serta disikat dan disarankan untuk tidak menggunakan sikat kawat.

Selain itu menurut Muksin, saat menambah air aki jika mulai berkurang tambahkanlah dengan air aki Denim atau air aki dengan botol biru tidak menggunakan air aki zuur atau yang mangendung H2So4, ini dikarenakan dengan berkurangnya air aki maka konsentran air yang berada dalam aki akan semakin tinggi jika ditambahkan dengan air aki zuur maka konsentrasi air aki akan semakin tinggi yang akan mengakibatkan menjadi panas dan merusak kondisi aki itu sendiri.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah kondisi ruang mesin yang akan mempengaruhi suhu aki, jika ruang mesin penuh usahakan posisi aki di sekat agar panas mesin tidak begitu mempengaruhi kondisi aki, jika terlalu panas performa aki akan terus menurun serta akibat paling parah aki akan meledak,” tutup Muksin.

 

 

 

Leave Comment

(Required)