Teknik >

Cek Kondisi Air Agar Tidak Meledak

Tips Rawat Aki

  • Tips Rawat Aki

Jakarta, OX. Kesibukan dikeseharian terkadang membuat kita lupa untukberikan sedikit perhatian pada sumber tenaga yang cukup penting pada mobil, padahal ini dapat berakibat fatal mulai dari tidak bisa menyalakan mobil hingga menyebabkan aki meledak.

"Untuk aki kenis Free Maintanance atau hybrid mamang tidak perlu perawatan yang intensif, namun untuk aki basah atau aki konfensional ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar performa dan usia pakai aki menjadi terjaga," papar Muksin selaku Operational Team Fast yang merupakan service center dari aki Massiv.

Menurut Muksin, ada benerapa hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan aki konfensional diantaranya adalah kebersihan kepala aki akibat dari oksidasi uap air aki menyebabkan kepala ali menjadi berjamur dan berkerak.

Hal ini dapat dibersihkan dengan cara meyiram kepala aki atau kutub aki menggunakan air hanggat jika perlu sikat hingga bersih, namun tidak disarankan menggunakan sikat kawat. 

Kemudian pengecekan air aki, pada setiap aki ada tanda batas bawah dan batas atas ketinggian air aki, jika berlebihan, air aki akan meluap yang menyebabkan korosi pada ruang mesin.

Jika air aki berkurang maka konsentrasi air aki akan menjadi sangat tinggi hal ini akan menyebabkan kerusakan pada sel aki, hal yang paling parah akan menyebabkan aki over head dan meledak.

Leave Comment

(Required)