Teknik >

Teknologi Suzuki All New Ertiga

Lebih Irit, Lebih Bertenaga Dan Lebih Luas

  • Lebih Irit, Lebih Bertenaga Dan Lebih Luas

Jakarta, OX. Berbagai teknologi serta fitur di sematkan pada varian terbaru dari PT Suzuki Indomobile Sales (SIS), tak hanya perubahan pada desain eksterior yang lebih dinamis namun dari sisi kenyamanan, performa, safety, efesiensi bahan bakar hingga luas ruang kabin dibanding genarasi pendahulunya.

Untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, beberapa fitur ditambahkan pada All New Suzuki Ertiga seperti penambahan Ventilated Cup Holder untuk menjaga agar minuman tetap dingin yang berada pada konsul tengah serta panambahan kompartemen tempat meletakan berbagai barang baik pada bagian depan, tengah maupun panumpang belakang.

Ruang kabin-pun semakin luas dimana lebih panjang 130mm, lebih lebar 40mm dan lebih tinggi 5mm namun demikian bobot dari All New Suzuki Ertiga ini lebih ringan 50kg, hal ini karena diterapkanya  platform Heartect yang juga telah diaplikasikan pada Suzuki SX Cross serta New Suzuki Baleno.

“Berdasrkan teori yang ada bahwa setiap pengurangan bobot 100kg, maka efiseinsi bahan bakar akan naik sekitar 5-6 persen, dan setelah kami melakukan pengetesan, varian terbaru ini berhasil mencapai kenaikan efesiensi bahan bakar hingga 3,3 persen atau 16,73km/liter untuk transmisi matik dan 18,09km/liter untuk transmisi manual” ungkap Yulius Purwanto selaku Head of Product Development 4WD PT SIS.

Tak cukup disitu, PT SIS juga menyematkan mesin baru sebagai sumber tenaga dengan tipe yaitu K15B 1.5L tepatnya 1452L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 104PS pada 6.000rpm dengan torsi sebesar 138Nm pada 4.400rpm yang berarti dengan bobot lebih ringan dan mesin lebih besar membuat performa All New Suzuki Ertiga semakin responsive.

Berkat penerapan platform Heartect membuat chasis semakin rigit yang meningkatkan kenyamanan saat berkendara dan dipadukan dengan suspensi depan McPheterson Strut with Coil Spring serta Torsion Beam with Coil Spring pada bagian belakang membuat handling-pun semakin mantap dengan Elektronic Stability Program (ESP).

ESP merupakan teknologi yang memadukan antara pengereman serta kestabilan saat melaju dijalan yang licin dan dalam melahap setiap tikungan saat berkendara yang dapat mencegah terjadinya under steer dan over steer, serta beberapa fitur lainya seperti Hill Hold Control, Anti-lock Braking System, Elektronic Brake force Distribution dan tidak ketinggalan peranti keselamatan dual SRS air bag pada kabin depan.

 

Leave Comment

(Required)