Teknik >

Tips Bersihkan Filter AC

AC Kabin Ngadat? Cara Simpel Ini Bisa Jadi Solusi, Sob!

  • AC Kabin Ngadat? Cara Simpel Ini Bisa Jadi Solusi, Sob!
Jakarta, OX. Pendingin udara kabin atau AC menjadi salah satu fitur cukup penting, untuk sebuah kendaraan. Apalagi dengan kondisi cuaca tropis seperti di kota-kota padat macam di Jakarta. Maklum, suhu udara bisa mencapai 32 hingga 34 derajat celcius. Kebayang kalo peranti ini ngadat, sob? Eitt.. tapi cara simpel ini, bisa bikin pendingin udara kembali normal, kok..
 
Saat AC mulai tidak terasa dingin seperti bagaimana mestinya, pasti tersangka utamanya adalah freon. Padalah ada beberapa bagian yang mempengaruhi suhu udara yang disemburkan AC. Salah satunya, filter AC atau filter kabin yang berfungsi untuk menyaring udara agar tetap bersih dan segar.
 
“Filter AC ada usia pakainya. Apalagi dengan kualitas udara di lingkungan yang tidak bersih, akan mempercepat menumpuknya kotoran serta debu pada filter sehingga menyebabkan kapasitas udara yang akan disemburkan akan terganggu dan kabin menjadi tidak nyaman,” ungkap Abdul Rohim juragan Sejuk AC Workshop di Jl. Raya Joglo No.48, Jakarta Barat.
 
Rohim menambahkan jika filter mulai kotor, sebaiknya langsung diganti. Namun jika dalam keadaan darurat, filter dapat dibersihkan sehingga udara yang dihembuskan ke dalam kabin kembali lancar.
 
Untuk membersihkan atau mengganti filter AC tidaklah sulit. Langkah pertama, lepaskan konsul box yang berada di bawah dashboard sebelah kiri dengan cara menarik pengunci pada bagian kanan atas konsul box.
 
Setelah itu akan terlihat kotak yang merupakan tempat filter, kemudian lepaskan penutup dan cabut filter dari rumahnya.
 
Bersihkan dengan cara mengetukkan filter pada lantai, hingga kotoran dan debu rontok dan filter kembali bersih, akan lebih baik semprot filter dengan udara dari kompresor agar proses pembersihan filter lebih sempurna. “Sebaiknya saat membersihkan filter jangan disiram dengan air, karena hal ini akan merusak material filter,” tutup Rohim.
 

Leave Comment

(Required)