Teknik >

All New Honda PCX Hybrid

Lebih Agresif Dengan Motor Assist

  • Lebih Agresif Dengan Motor Assist

Jakarta, OX. Setelah diperkenalkan pada April lalu, PT Astra Honda Motor akhirnya mengumumkan harga jual dari All New Honda PCX Hybrid dengan harga on the road DKI Jakarta Rp 40.300.000 terpaut sekitar hampir sepuluh juta dari Honda PCX dengan farian tertinggi.

Teknologi hybrid yang diusung oleh All New Honda PCX Hybrid merupakan teknologi yang digunakan untuk menambah akselerasi melalui motor assist yang bekerja ketika ACG (Alternating Courent Generator) atau triger memberikan perintah saat tuas gas diputar secara spontan.

“Motor assist mendapatkan tenaga melalui baterai yang berfungsi menambah percepatan putaran dari camshaft sehingga tarikan akan terasa lebih maksimal saat berkendara dalam kondisi stop and go,” ungkap Reza Rezdie Shahertian selaku Analyst Training Department Technical Service Division PT AHM.

“Selain untuk membantu mampercepat putaran camshaft, motor assist akan bekerja sebagai penghasil listrik untuk mengisi daya listrik pada baterai dimana pengisian ini akan berlangsung saat mesin beekerja berada pada putaran atas,” tambah Reza.

Meskipun hanya bertugas pada akselersi awal, pengaplikasian teknologi ini tetap berpengaruh pada efesiensi bahan bakar hingga 2,2 persen, hal ini dikarenakan saat akan melaju, mesin tidak harus mencapai rpm tinggi untuk menghasilkan torsi yang besar pada akselerasi awal, namun dengan bantuan motor assist sepeda motor akan mendapatkan tenaga lebih dalam berakselerasi.

“Baterai yang gunakan adalah jenis lithium ion karena jenis baterai ini mempunyai kualitas yang terbaik diantara baterai lain sedangkan usia pakainya diperkirakan dalam empat tahun performanya akan mulai turun namun masih dapat di berfungsi hingga usia pakai delapan tahun,” tutup Reza.

 

 

 

 

 

 

Leave Comment

(Required)