Teknik >

GIIAS 2018

Evolusi Adaptive Cruise Control

  • Evolusi Adaptive Cruise Control

Jakarta, OX. Adaptive Cruise Control adalah teknologi pada mobil yang berfungsi ntuk mempertahankan laju dikecepatan tertentu tanpa menginjak pedal gas, dimana teknologi merupakan pengembangan yang di temukan oleh ames Watt dan Matthew Boulton pada tahun 1788 untuk mengendalikan mesin uap.

Pada 1948 Ralph Teetor mengembangkan teknologi ini menjadi modern yang disebut Auto-pilot dengan menggunakan speed dial di dashboard dimana dalam menghitung kecepatan gerak berdasarkan rotasi driveshaft dari kabel speedometer berputar serta menggunakan motor listrik penggerak sekrup bi-directional ke posisi throttle yang bervariasi sesuai kebutuhan.

Meskipun telah mengalami berbagai kemajuan namun dalam penggunaanya Adaptive Cruise Control akan menonaktifkan fungsinya jika pengemudi menginjak pedal rem untuk mengurangi kecepatan, jika kecepatan mobil kembali sesuai dengan setingan maka Adaptive Cruise Control akan kembali  aktif.

Dalam perkembanganya saat ini Adaptive Cruise Control telah beradaptasi dengan berbagai kecepatan kendaraan dengan menggunakan berbagai sensor termasuk kamera sehingga Adaptive Cruise Control dapat mengurangi kecepatan mobil sesuai dengan kecepatan mobil di depannya dan telah dapat digunakan untuk stop-and-go traffic dan mobilitas pada jam sibuk.

Selain teknologi ini pada GIIAS 2018, di Beyond Mobility Area, ada pula teknologi auto-parking yang merupakan teknologi untuk membantu pengendara dalam memarkirkan mobilnya dengan aman.

 

Leave Comment

(Required)