Teknik >

Autovision GIIAS 2018

Cerdas Memilih LED Headlamp

  • Cerdas Memilih LED Headlamp

Tangerang, OX. Tuntutan hemat energi dan semakin majunya perkembangan teknologi membuat tipe lampu LED semakin diminati, pasalnya energi yang diperlukan hanya seperlima dari lampu pijar dengan kemampuan penerangan yang sama serta usia pakai yang cukup panjang hingga 30.000 jam.

Begitu juga dengan kebutuhan penerangan pada kendaraan pada mobil khususnya, dimana CV Sampurna Part Niaga (SPN) selaku distributor resmi untuk merek produk Autovision menawarkan kebutuhan pergantian head lamp dengan Light Emitting Diode LED.

"Tipe LED sangat banyak dipasaran untuk itu kita harus sangat selektif dalam memilih agar dapat memenuhi kebutuhan penerangan pada mobil, yang terpenting adalah kualitas dan usia pakai yang terjamin", jelas Lili Hermawan selaku Directur CV SPN.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih LED diantaranya bahan atau material serta sistim pendingin karena hal tersebut akan mempengaruhi usia pakai serta performanya", tambah Lily.

Masih dengan Lily, panas merupakan salah satu musuh utama karena LED dapat menghasilkan suhu yang sangat panas pada bagian komponenya dan ini membutuhkan bahan dengan pelepasan panas yang bagus seperti aluminium serta sistim pelepasan panas yang efektif.

Ada beberpa teknologi yang diterapkan untuk menjaga agar suhu LED tetap berada dibawah 100 derajat diantaranya dengan menggunakan sistem air cooland serta fanless sistem atau menggunakan lembaran tenunan sebagai pelepasan panas.

Masing-masing sistim ini mempunyai nilai plus minus dimana dengan menggunakan fan atau kipas tentunya dapat mendinginkan kompnen LED lebih cepat namun akan membutuhkan ruangan yang cukup besar sedangkan sistim  tidak secepat fan dalam melepaskan panas namun bentuknya lebih kompak sepertin pada Autovision Mini H4 Projector Lens dan Autovision LX 21.

“Salah satu akibat paling fital jika LED mengalami panas yang berlebihan adalah menurunya performa atau tingkat keterangan cahaya yang dihasilkan dan berlahan LED akan rusak hingga tidak dapat digunakan”, tutup Lily.

 

Leave Comment

(Required)