Teknik > Teknik Mobil > Tips >

Perawatan Aki

Aki Mau Awet? Panasin Mesin Mobil, Sob!

  • Aki Mau Awet? Panasin Mesin Mobil, Sob!

    Memanaskan Mobil Saat Pagi Hari Demi Keawetan Aki

Jakarta, OX, Ada polemik di masyarakat, bahwa sebelum dipakai, misal pagi hari, mobil itu enggak perlu dipanaskan lagi, sob. Karena cuma buang-buang waktu saja. Benarkah? Jawabnya: Betul! Tapi itu kalo buat mobil-mobil baru. Sementara buat mobil lama dan cukup berumur, ‘ritual’ itu  masih perlu dilakukan. Terlebih, kalo konteksnya adalah untuk mendukung keawetan usia pakai aki. Kenapa begitu?

Gini sob. Mobil anyar, khususnya yang pasokan bahan bakarnya sudah sistem injeksi dan pengapian elektronis, memang udah gak diperluin lagi untuk melakukan pemanasan mesin saat pagi hari. Karena dengan teknologi modern yang diusung mobil terkini, sistem pelumasan juga sudah sangat sempurna. Sebaliknya, pemanasan sebaiknya dilakukan saat mobil dipakai atau dijalankan saja.

Lalu gimana dengan mobil lawas yang masih mengandalkan karburator dan sistem choke? Yes, memanaskan mesin mobil justru dianjurkan dan bermanfaat lain, lo sob. Sebab hal ini juga punya dampak positif terhadap keawetan aki mobil. Terlebih jika mobil jarang dipakai, dengan dipanaskan pengisian arus pada aki akan terjaga dan stabil. Maklum, setiap aki akan mengalami self discharge alias arus akan berkurang dengan sendirinya, sob!        

Nah, jadi kalo aki mobil mau panjang umur, apalagi kalo akinya model basah alias bukan aki kering, gak ada salahnya juga manasin mesin mobilnya. “Oh ya, buat manasinnya cukup 10-15 menit buat mobil yang setiap harinya dipakai. Tapi kalau mobil kebanyakan diparkir di garasi, bisa 15-20 menit. Itu pun tak perlu setiap hari juga, cukup 2 hari sekali. Jadi, saat nanti mobil mau dipakai, starter tetap tokcer,” anjur Eron Edwin, Regional Manager PT Wacana Prima Sentosa, pengagen aki Massiv di Indonesia.

 

Leave Comment

(Required)