Teknik > Teknik Mobil > Tips >

Mendeteksi Kondisi Aki

Nih Sob, Indikasi Aki Mulai Lemah atau Rusak!

  • Nih Sob, Indikasi Aki Mulai Lemah atau Rusak!

    Lampu utama meredup

  • Nih Sob, Indikasi Aki Mulai Lemah atau Rusak!

    Berwarna merah, tandanya aki rusak

Tangerang, OX - Banyak faktor yang bisa bikin aki mobil cepat K.O alias tekor, sob. Tapi yang paling sering terjadi, ya karena lemahnya perawatan peranti itu sendiri. Nah, jika hal itu terjadi, gak mustahil mobil kesayangan juga bakal ngadat dan dijamin bikin jengkel. “Kalo aki udah mulai bermasalah, bawaannya emosi mulu. Apalagi kalo datangnya dadakan!” aku Robby, pengguna Toyota Avanza keluaran 2014. Panik? Gak perlu sob! Gejala aki mulai soak, bisa dicermati dari tanda-tanda berikut ini.

Mobil mogok akibat aki yang udah mulai loyo, datangnya gak ujug-ujug alias mendadak kok.  Sebenernya ada indikasi-indikasi yang bisa dirasakan atau dilihat saat kita menggunakan mobil. Cuma mungkin karena emang gak peduli atau kurang peka aja, sinyal-sinyal yang nongol pun akhirnya dicuekin. Baru emosi dah, begitu kendaraan ogah distarter. “Apalagi kalo mau pakai mobil buru-buru ya sob. Pasti kesel banget rasanya, haha...!” sahut Eron Edwin, Regional Manager PT Wacana Prima Sentosa, produsen sekaligus pengagen aki Massiv di Indonesia.

Eron pun mewanti-wanti, agar hal itu tidak terjadi pada Anda, sebaiknya faktor perawatan aki jangan diabaikan. “Yah, sempetin lah.. ngecek-ngecek kondisi aki. Paling utama kebersihan aki, juga tegangan dan ketinggian air akinya, kalo emang masih pakai tipe konvensional,” urainya seraya bilang, tanda-tanda aki mulai problem, bisa dicermati dari beberapa hal berikut ini.

1. Mobil susah distarter. Saat anak kunci dikontakkan, hanya terdengar ctek..ctek.. bahkan enggak ada suaranya sama sekali

2. Saat Kunci di-on-kan, lampu-lampu pada indikator di dasbor terlihat redup. Begitu juga saat mengoperasikan lampu utama atau klakson, terdengar sendu bahkan tidak bunyi total.

3. Saat mobil dihidupkan dan distasioner atau idle, mesin terasa pincang. Layaknya fungsi busi tidak stabil dalam memercikkan bunga api saat proses pembakaran. 

4. Okelah mesin bisa distarter dan mobil dapat dikemudikan, tapi saat di perjalanan malam dan memungsikan lampu utama atau headlamp, cahanya malah terlihat redup. Baru akan terang kalau pedal gas diinjak. 

5. Aki menjadi rusak, juga dipicu oleh fungsi komponen lain, sehingga membuat proses pengisian tidak berjalan normal. Contoh alternatornya bermasalah, sob. Makanya kalau sudah melihat atau merasakan gejala aneh di mobil, segera cek ke bengkel

6. Fungsi aki melemah, bisa dilihat juga dari kondisi fisiknya sob. Misal pada bagian dinding atau badan aki terlihat agak gendut, kemungkinan ini dipicu adanya elemen sel yang sudah rusak akibat air aki yang kurang atau habis.

7. Buat aki yang dilengkapi lubang indikator pengintip, boleh juga dicek-cek. Kalo mulai berwarna putih, tandanya aki lemah. Tapi kalau merah, gak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan bengkel, karena aki sudah saatnya diganti baru.

8. Gunakan voltmeter untuk mengecek tegangan aki.  Kalau di bawah 12 Volt, berarti aki mulai lemah.

9. Ingat-ingat juga, kapan terakhir mengganti aki mobil Anda? Jangan-jangan sudah lebih dari 3-4 tahunan, nih..

 

Leave Comment

(Required)