Teknik >

Cara Pasang Aki Yang Benar

Simpel, Tapi Gak Boleh Sembarangan Sob!

  • Simpel, Tapi Gak Boleh Sembarangan Sob!

    Lepas-Terminal-Aki-Negatif

  • Simpel, Tapi Gak Boleh Sembarangan Sob!

    Gunakan Jumper Agar Lebih Aman

Tangerang, OX - Sepele sih sob, tapi kalo salah dalam penanganannya, perkara mengganti aki justru bisa menjadi hal yang ribet binti rumit. Apalagi kalo sudah menyangkut peranti yang berhubungan sama kelistrikan. “Yang ada malah memicu korslet atau kebakaran lagi. Wih.. ngeri ah,” kata Ogie, pengguna Daihatsu Ayla keluaran 2016. Nah, buat yang mau ganti aki mobil dan ngerjain sendiri di rumah, cermati beberapa hal berikut ini.

Ketidaktahuan, emang kerap berbuntut panjang sob. Khususnya saat kita akan melakukan penggantian baterai di kendaraan yang sudah lama dan mati, dengan aki baru. “Ya, ada sih, tahapan-tahapan standar dan poin-poin yang harus diperhatikan. Tujuannya, biar aman, si aki juga berfungsi normal,” sahut Eron Edwin, Regional Manager PT Wacana Prima Sentosa (WPS), produsen sekaligus pengagen aki Massiv di Indonesia. Stepnya, seperti berikut ini:

1. Pastinya parkir kendaraan di lokasi aman dan nyaman untuk dioprek. Lalu, pastikan juga kunci kontak dan mesin dalam kondisi off alias mati, agar tidak memicu korsleting dan memutus arus yang masih terhubung dengan peranti kelistrikan pada kendaraan.

2. Demi mengantisipasi terkunci sendiri saat proses penggantian aki, sebaiknya pintu atau kaca mobil dalam posisi terbuka. Repot kan, kalau anak kuncinya masih nyantel di rumah kunci kontak?

3. Buat mobil keluaran lama yang tidak banyak mengaplikasi sistem kelistikan, proses penggantian aki bisa langsung dilakukan dengan cara membuka kabel penghubung pada terminal aki atau kepala aki negatif (-). Setelah itu, bisa dilanjut melepas kabel pada terminal positif (+). “Pastikan kedua kabel ini ditempatkan pada posisi yang aman,” anjur Eron.

4. Setelah kabel penghubung terminal terlepas, teruskan untuk membuka braket-braket pengikat aki. Jika sudah copot semua,  Anda tinggal menukar dengan aki baru. Saat meletakkan aki baru, jangan sampai terbalik ya, antara terminal positif dan negatifnya.

5. Yakinkan juga posisi aki yang baru, terpasang dengan sempurna dan ngepas pada dudukannya. Silakan kencangkan dulu braket-braketnya, lalu pasang lagi kabel penghubung terminal aki, tapi kebalikan saat membukanya. Yakni, positif (+) dulu, baru terminal negatif (-). Kalau sudah terangkai semua, Anda tinggal tes dengan mengontakkan kunci starter, sob.

6. Untuk mobil yang banyak mengadopsi sistem kelistrikan pada beberapa fitur (full electric), penggantian aki tentu harus dilakukan dengan cara dijumper. Tujuannya, agar fungsi beberapa peranti tidak tereset.

7. Langkah awal, siapkan kabel jumper. Lalu hubungkan kabel jumper pada terminal aki: positif (+) dengan positif dan negatif (-) ketemu dengan negatif.  Kemudian, untuk melepas aki lama di mobil Anda, copot kabel terminal negatif dulu. Terus, lepas kabel penghubung terminal positif. Pastikan saat kabel terminal terlepas ada di posisi aman, tidak bersetuhan dengan besi atau bahan yang dapat menghantar arus listrik di mobil.

8. Kalau kabel-kabel sudah aman, silakan lepas braket-braket pengikat aki.  Berikutnya, angkat aki lama dan ganti dengan yang baru.  Pasang lagi braket-braket pengikatnya.

9. Hubungkan lagi terminal positif (+) aki lebih dulu,  setelah kelar, lanjutin pasang kabel terminal negatif (-) aki.

10. Terakhir, lepaskan kabel jumpernya sob. Sekarang tinggal starter mobil, dah. Berhasil kan?

    

.

Leave Comment

(Required)