Teknik >

Hino Motors Sales Indonesia

Hino Lolos Uji Menggunakan Solar B20

  • Hino Lolos Uji Menggunakan Solar B20

Jakarta, OX. Sebagai salah satu produsen kendaraan niaga yang berhasil menguasai pasar medium duty truck, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) siap merealisasikan kebijakan pemerintah dalam program menggunakan bahan bakar B20.

Hal ini dijelaskan oleh Santiko Wardoyo selaku Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, “Hino sejak awal B20 dicanangkan oleh pemerintah, sudah siap untuk menggunakan B20, karena kendaraan Hino selalu melakukan pengembangan dan penyesuaian untuk dapat mengikuti kondisi yang ada di Indonesiatermasuk dalam penggunaan bahan bakar biodiesel 20 persen atau B20”.

“Semua kendaraan Hino telah lulus uji dengan hasil yang memuaskan di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP-BPPT) selama 400 jam dengan beban penuh pada putaran mesin maksimum yaitu 2.500 rpm selama 8 jam/ hari, dimana metode uji tersebut merupakan metode yang disarankan oleh prinsipal Hino di Jepang yaitu Hino Motors, Ltd,  yang diklaim lebih memaksa mesin melakukan performa maksimal jika dibandingkan dengan road test atau kondisi pemakaian aktual di jalan”, tambah Santiko.

Hasil ini tak terlepas dari penggunaan komponen khusus yang digunakan untuk mengkonsumsi BBM B20 seperti lapisan Chrome dan Stannum-Zync pada tangki BBM yang berfungsi memperlambat terjadinya korosi karena tingginya kadar air dalam B20, lapisan pada pipe BBM untuk mencegah terjadinya endapan serta Diamond Like Carbon coating pada injector yang berfungsi untuk menambah kekuatan injector terhadap gesekan.

Meskipun demikian Santiko tetap merekomendasikan bagi pengguna untuk terus melakukan pengecekan kendaraan secara berkala yang terdiri dari pergantian filter setiap 10.000km, membersihkan tangki BBM setiap tiga bulam dan tidak menggunakan BBM yang usianya lebih dari tiga bulan serta pengurasan air pada fuel filter untuk secara berkala mengingat kandungan air dalam B20 yang cukup tinggi.

 

 

 

Leave Comment

(Required)