Teknik >

Fuel Pump

Usia Pakai Bikin Mogok Dijalan

  • Usia Pakai Bikin Mogok Dijalan

Jakarta, OX. Tidak selalu busi, koil mungkin kabel serta sekring menjadi penyebab jika kendaraan mendadak mogong dijalanan, apalagi jika kondisi jarum pasokan bahan bakar  masih menunjukan di garis setengah.

Ada baiknya kita juga mencoba untuk melakukan pengecekan pompa bahan bakar atau feul pump, bisa jadi karena usia pakai part yang bertugas memompa bahan bakar dari tangki menuju injecktor mengalami kerusakan.

“Terdapat dua jenis fuel pump yang biasa digunakan oleh kendaraan pada umumnya diantaranya fuel pump mekanis dimana jenis ini untuk menyalurkan bahan bakar kendaraan yang bertekanan rendah menuju karburator  dan digunakan oleh kendaraan keluaran lama”, ungkap Joko Pratikno selaku Technical Service Departement.

“Sedangkan untuk jenis elektrik yaitu fuel pump yang menggunakan tenaga listrik dimana pompa bahan bakar ini memompakan bahan bakar dengan tekanan tinggi menuju injector dan bekerja dengan lebih efisien dibandingkan fuel pump mekanis”, tambah Joko.

Fuel pump elektrik ini dioperasikan oleh sistem komputer yang mengatur rasio bahan bakar dengan udara, posisi throttle, serta kandungan dalam gas buang dan letaknya berada di dalam tangki bensin, maka akan membuat kerja pump menjadi lebih mudah untuk menstabilkan volume bahan bakar.

“Adapun gejala yang dapat di cermati jika fuel pump mulai bermasalah diantaranya mesin mulai susah distarter meskipun kondisi bahan bakar masih cukup banyak dalam tanki, atau bisa jadi mesin mendadak mati dalam perjalanan serta lampu indikator mesin menyala”, tutup Joko.

 

Leave Comment

(Required)