Umum & Bisnis > Motor > Future >

Knowledge Aki MF

Lebih Banyak Plusnya atau Minusnya, Sob?

  • Lebih Banyak Plusnya atau Minusnya, Sob?

    Aki Massiv MF

Jakarta, OX.  Aki tipe MF atau maintenance free digembar-gemborkan sebagai baterai yang paling yahud buat kendaraan, baik mobil atau motor.  Berbagai merek dan harga pun tersedia di pasaran. Tapi, tahukah Anda, bahwa peranti penyuplay arus listrik model begini juga punya plus dan minusnya.  Apa aja tuh, sob?

Sama kayak tipe lain, aki MF juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. “Ya, setiap produk pasti ada lah, plus-minusnya. Artinya, namanya produk buatan manusia, tentu gak bisa 100 persen sempurna,” terang Hadi, General Manager PT Wacana Prima Sentosa (WPS), pemegang aki mobil dan motor merek Massiv.

Kelebihan 

1. Sesuai namanya MF atau maintenance free alias bebas perawatan. Tapi bukan berarti gak perlu dirawat dan diperhatikan sama sekali ya, sob. Free di sini, maksudnya pemilik motor atau mobil gak perlu rajin-rajin ngecek ketinggian cairan asam sulfat seperti pada aki basah.

2. Diakui kalau aki MF ini sangat mudah dalam penggunaanya dan praktis. Hal ini tentu mengacu pada bentuk dan desainnya yang simpel.

3. Karena separator aki MF bersifat menyerap cairan asam sulfat, alhasil bisa menghindari rembesan atau kebocoran cairan yang keluar dari bagian dalam kotak aki.

Kekurangan

1. Lantaran memiliki beberapa keunggulan itulah, akhirnya harga aki MF lebih tinggi jika dibanding aki konvensional. Tapi kalo soal harga sih, relatif sob..

2. Dari usia pemakaian, aki MF dibilang relatif lebih pendek ketimbang aki tipe konvensional. Tapi, ini perlu pembuktian dan pengujian secara khusus.

3. Saat ini sih, penyebarannya belum terlalu merata. Artinya, sementara belum sebanyak aki konvensional.

 

Leave Comment

(Required)