Teknik > Teknik Motor > Tips >

Knowledge Aki Motor

Aki MF Bukan Aki Kering, Tapi...

  • Aki MF Bukan Aki Kering, Tapi...

    Aki Massiv Amal Motor

Jakarta, OX.  Salah satu jenis aki motor yang belakangan banyak dipakai di motor-motor baru adalah tipe MF alias maintenance free. Selain diklaim mengusung teknologi terkini, baterai jenis ini juga memiliki banyak keuntungan dibanding aki model basah. Benarkah begitu? Nah, mari kita cari tahu jawabannya, sob.

Aki MF, sering sekali disebut atau dipahami sebagai aki kering. Kenapa? Karena baterai tipe ini seolah tidak menggunakan cairan asam sulfat (H2SO4). Terlebih kemasan atau kotak sel-selnya dirancang gelap atau tidak tranparan seperti aki basah yang bisa mengintip posisi ketinggian cairan elektrolit yang ada di dalamnya.

Sebenarnya, aki MF bukan sama sekali tidak menggunakan cairan asam sulfat. “Tetap menggunakan cairan asam sulfat. Hanya saja, separator yang ada di dalamnya bersifat menyerap cairan tersebut. Jadi, cairan asam sulfat tidak terlihat,” bilang Eron Edwin, Regional Manager PT Wacana Prima Sentosa (WPS), pengagen aki Massiv di Indonesia.

Selain itu menurutnya, arus listrik yang dihasilkan aki MF juga merupakan hasil reaksi kimia dari cairan asam sulfat dan pumblum sulfat (P2SO4). “Jadi, aki MF bukan aki kering. Biar gak salah tafsir, ya sebutannya tetap aki MF, sob!” sambung pria berkacamata ini,

Nah, karena mengandalkan separator menyerap cairan asam sulfat itu, potensi terjadi rembes atau kebocoran saat proses pendistribusian pun bisa terhindari. Seperti diulas Kompas.com, separator tipe ini juga mampu menekan proses penguapan. “Sehingga membuat aki MF lebih awet dan tahan lama dibanding jenis aki basah,” tutup Eron.    

Leave Comment

(Required)