Teknik > Teknik Motor > Tips >

Knowledge Aki Motor

Kotak Kecil Berfungsi Besar

  • Kotak Kecil Berfungsi Besar

    Aki MF Massiv Tahan Lama

Jakarta, OX. Menyebut nama aki, semua bikers pasti tau bentuknya seperti apa. Tapi, kalau lebih detail soal fungsi dari peranti ini, belum tentu semua pemilik motor paham. Nah, biar makin ngerti sekaligus menyegarkan ingatan Anda, berikut ini kembali dijelaskan kegunaan benda berbentuk kotak yang belakangan teknologinya juga semakin maju ini.

Aki atau biasa disebut accu atau baterai, punya nama asli accumulator. Umumnya sih, berbentuk kotak yang menyesuaikan dimensi ruang dan kebutuhan dari kendaraan, khususnya di segi kapasitas mesin. “Simpelnya, aki itu peranti yang dapat menyimpan arus listrik dan menyuplai arus untuk komponen kelistrikan pada kendaraan. Contoh, lampu-lampu, klakson sistem starter dan lainnya,” kata Hadi, General Manager PT Wacana Prima Sentosa (WPS), pengagen aki motor merek Massiv.

Meski bentuknya kecil, aki motor boleh dibilang punya fungsi yang cukup besar. Coba bayangkan jika peranti ini bermasalah pada motor Anda. Mau starter gak bisa, klakson gak bunyi, bahkan lampu-lampu gak nyala. Dijamin bikin repot dan bisa mengancam keselamatan, sob. “Makanya fungsi aki gak bisa dianggap remeh. Selain kualitas harus bagus, perawatannya juga kudu rutin,” sambung pria berkantor di kawasan Kelapa Gading, Jakut ini.

Sesuai kebutuhan dan kapasitas mesin pada motor, spesifikasi aki motor pun beragam. Dari segi kapasitas, ada yang 2.5 Ampere sampai 12 Ampere. Sementara untuk tegangan, ada yang 2.5 Volt sampai 14 Volt.  “Hal ini pula yang menentukan harganya. Dari pengamatan di pasar sih, harganya dari Rp 70 ribuan sampai ratusan ribu juga ada, tergantung merek dan keunggulannya,” tutup Hadi.      

 

Leave Comment

(Required)