Teknik >

Tips Hemat BBM

Efisen Tidak Hanya Teknologi

  • Efisen Tidak Hanya Teknologi

Jakarta, OX. Efisiensi bahan bakar tidak hanya karena mesin dengan teknologi yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien, namun yang sangat mempengaruhi adalah kebiasaan dan cara berkendara.

“Banyak hal yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, salah astunya dengan menjaga putaran mesin serta melaju dengan konstan seperti pada Mitsubishi Xpander dengan mesin 1.500cc, tentunya dengan menggunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan pada manual book yaitu bahan bakar minimal RON 90 agar dapat menjaga pembakaran pada mesin tetap optimal”,  ungkap Boediarto selaku Head of Technical Service and CS Support Department PT MMKSI.

Selain kondisi eksternal seperti lalu lintas yang dilalui, kapasitas mesin, transmisi, bobot kendaraan, dan tekanan ban, ada beberapa cara mengemudi untuk menghemat bahan bakar diantaranya adalah dengan menjaga putaran mesin.

Pada umumnya, torsi paling efisien mesin berada pada rentang putaran mesin 2.000-3.000 rpm dan lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin itu, jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin akan makin banyak namun jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

Kemudian mengemudilah dengan cerdas, jangan biasakan mengemudi dengan agresif karena dengan sering menginjak pedal gas akan meningkatkan konsumsi bahan bakar serta usahakan melaju dengan kecepatan ideal antara 60-70km/jam saat dijalan tol dimana saat melaju dengan kecepatan 100 km/jam akan menggunakan bahan bakar sekitar 15 persen lebih banyak ketimbang melaju pada 80 km/jam.

Berakselerasi atau melaju dengan konstan membuat suplai bahan bakar juga konstan, jika melakukan akselerasi mendadak dapat membuat ECU memerintahkan untuk menyuplai bensin hingga maksimal, sedangkan mengerem secara berlebihan akan berakibat untuk menekan gas lebih dalam agar memperoleh kecepatan semula.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi yang dianjurkan untuk mendapatkan performa yang maksimal dan langkah selanjutnya gunakanlah AC secukupnya karena penggunaan AC akan menambah beban mesin dalam bekerja

Satu hal yang jangan dilupakan adalah menjaga tekanan ban karena ban yang kempes mempunyai tahanan yang berlebihan dan pastinya akan memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga, namun memompa secara berlebihan akan mengacaukan kendali mobil.

Yang tidak kalah pentingnya adalah merencanakan rute perjalanan agar efektif  dan terhindar dari macet meskipun hal ini membutuhkan pengalaman dalam melewati jalan-jalan tertentu.

 

Leave Comment

(Required)