Teknik >

Honda PCX Electric

Bisa Di Charge Dimana Saja

  • Bisa Di Charge Dimana Saja

Jakarta, OX. Mengusung tampilan elegan dan kemewahan fitur Honda PCX, PT Astra Honda Motor (AHM) dengan resmi telah meluncurkan produk terbarunya di kelas skutik premium yaitu Honda PCX Electric.

Meskipun masih dengan DNA Honda PCX namun ada beberapa bagian yang cukup berbeda dari Honda PCX Electric, diantaranya adalah sumber tenaga, sumber penggerak fitur spidometer serta beberapa aksen pada head lamp.

Sebagai sumber tenaga, Honda melengkapi dengan sepeda motor electric generasi ketiga ini dengan dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack (HMPK) yang ditempatkan pada bagian bagasi.

HMPK terdiri dari baterai lithium-ion dengan kapasitas masing-masing 50,4V, serta densitas tinggi yang dipasang secara serial memiliki daya tahan hingga 69 km dalam sekali pengisian penuh yang merupakan hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan.

Untuk pengisianya-pun tidaklah sulit dimana Honda telah melengkapi PCX Electric ini dengan charger portable yang tersimpan pada setiap unit sepeda motornya yang dapat melakukan pengisian dengan sumber listrik rumah serta lama pengisian membutuhkan waktu enam jam sedangkan dengan off-board charging atau pengisian dengan charger terpisah, baterai dapat di isi hanya dalam waktu empat jam.

“Baterai ini telah kami rancang dengan kemampuan yang maksimal dimana kami telah melakukan berbagai pengujian meliputi ketahanan terhadap guncangan, air, panas bahkan kemampuanya dalam menahan benturan”, jelas selaku Makoto Mitsukawa selaku Develpoment Manager PCX Electric Honda R and D Center Co, Ltd.

Pada bagian penggerak PCX elictrik ini menggunakan konstruksi motor listrik dengan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) untuk mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal dengan output maksimum 4.2kW serta torsi maksimal 18Nm di 500rpm.

Jarak sumbu roda Honda PCX Electric sedikit lebih panjang dari Honda PCX, untuk mengakomodasi dua baterai ditempatkan pada ruang bagasi, namun tetap memberikan ruang optimal untuk pergerakan roda belakang namun hal ini dikalin tidak mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Selain itu pada PCX Electric dilengkapi dengan dengan hugger belakang yang juga menjadi dudukan dua suspense belakng yang juga sedikit lebih panjang untuk mendapatkan getaran yang lebih halus dalam berkendara.

Pada bagian indikator  menampilkan informasi sistem EV dengan jelas meliputi speedometer, jam, kapasitas baterai yang tersisa, dan status pengisian daya saat tersambung ke daya listrik dimana kabel pengisian berada pada posisi lobang pengisian bahan bakar yang ada.

Sedangkan pada bagian depan, head lamp dilengkapi dengan lampu full LED dipadukan aksen biru di beberapa bagian yang akan terlihat saat lampu dimatikan tidak ketinggalan Sistem Honda Smart Key memungkinkan pengendara membuka kunci utama dengan hanya mendekati sepeda motor tanpa perlu mengeluarkan kunci untuk mengaktifkan sepeda motor.

 

Leave Comment

(Required)