Teknik >

Tes Ride Honda PCX Electric

50km/h Kurang Dari 200m

  • 50km/h Kurang Dari 200m

Jakarta, OX. Diluncurkanya Honda PCX Electric oleh PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu menjadi tonggak sejarah bagi perkembangan sepeda motor tanah air, meskipun sebelumnya telah ada beberapa merk lain yang telah mendahului langkah dari pabrikan sepeda motor asal Jepang ini.

Pada dasarnya mengendarai Honda PCX Electrik tidaklah berbeda dengan sepeda motor bermesin berbahan bakar lainya, pasalnya generasi ketiga dari sepeda motor listrik Honda ini merupakan pengembangan dari Honda PCX dengan beberapa perubahan diantaranya jarak sumbu roda lebih panjang karena menyesuaikan dengan mesin yang digunakan.

“Perubahan pada konstruksi yang kami lakukan tidak mengurangi kenyamanan dalam berkendara, dimana kami tetep menggunakan suspensi ganda untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan dalam berkendara”, jelas Makoto Mitsukawa selaku PCX Electric Development Manager Honda R and D Center Co, Ltd.

PCX Electrik mampu menghasilkan output maksimum 4.2kW atau 6,7Ps yang didapat sejak putaran rendah, begitu handle gas diputar sepeda motor-pun melaju dengan nyaman tanpa adanya sentakan yang meskipun torsi yang dihasilkan cukup besar 18nm di 500rpm.

Meskipun hanya 6,7Ps, namun Honda PCX Electrik dapat melaju dengan hingga kecepatan 50km/h hanya dalam jarak tempuh kurang dari dua ratus meter, dimana menurut Makato untuk kebutuhan sepeda motor dalam kota dari hasil survey yang pernah dilakukan rata-rata kecepatan hanya pada 40-50km/h dan PCX Electric telah dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Sedikit perubahan kebiasaan dalam berkendara dengan  sepeda motor electric diman kebiasaan mendengarkan putaran mesin tidak lagi berlaku dan setiap akan memutar handle gas dianjurkan untuk tetap melakukan pengereman agar sepeda motor tidak melaju tanpa dikehendaki.

 

Leave Comment

(Required)