Teknik >

Honda X-Adv

HSTC Bikin Motor Ngak Bisa Selip

  • HSTC Bikin Motor Ngak Bisa Selip

Jakarta, OX. Kehadiran line up terbaru dari Honda Astra Motor memberi warna baru untuk pilihan sepeda motor berkapasitas besar di tanah air. Mengusung mesin 745cc, Honda X-Adv menjadi salah satu sepeda motor dengan teknologi terkini dijajaran produk Honda.

Bagaimana tidak,  mulai dari mesin dengan seri NC750D (DCT Type) SOHC twin silinder sejajar yang mampu menghasilkan tenaga hingga 54Hp yang disupport dengan gearbox mengusung teknologi double clutch serta penempatan berbagai macam sensor untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

“X-Adv merupakan salah satu sepeda motor yang ingin memberikan kenyamanan dan keamanan dalam tingkat yang paling optimal, dimana dengan berbagai fitur dan teknologi membuat sepeda motor ini dapat di kendaraai oleh rider pemula maupun yang berpengalaman,” jelas Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT AHM.

“Penggunaan double clutch bukanlah yang pertama kali di sepeda motor Honda, dengan teknologi ini akan memberikan perpindahan transmisi yang sangat halus dimana clutch pertama untuk gigi transmisi ganjil dan clutch kedua untuk gigi transmisi genap baik dalam engaturan AT maupun M/T,” tambah Endro.

Tidak hanya itu pada sepeda motor yang dilepas dengan harga 400-jutaan rupiah ini juga dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC), teknologi yang akan mengurangi torsi mesin jika terjadi over drive atau spin pada roda belakang untuk mencegah kehilangan kendali pada sepeda motor.

“Pada sistem ini HSTC dibantu dengan dua sensor yang berada di roda depan dan roda belakang, jika sensor membaca putaran roda belakang melebihi roda depan secara otomatis ECU akan mengurangi pasokan bahan bakar sehingga mengurangi torsi dari mesin dan memperlambat putaran roda belakang,” tambah Endro.

 

Leave Comment

(Required)