Umum & Bisnis >

Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Eksport Turun, TMMIN Sasar Pasar Baru

  • Eksport Turun, TMMIN Sasar Pasar Baru

Jakarta, OX. Gejolak perekonomian global yang berdampak pada turunya pertumbuhan eksport kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU) Toyota pada bulan Januari hingga April 2019, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)  mulai mejajal negara tujuan baru.

Penurunan yang tercatat hingga 6 persen atau dari 61.600 unit tahun 2018 ke 65.700 unit ditahun 2019 pada periode bulan Januari hingga April ini tak lepas dari kondisi perekonomian di negara destinasi tujuan ekspor terutama di kawasan Timur Tengah dan Filipina.

“Kondisi ini merupakan hal yang tidak bisa kita hindari karena sangat terkait dengan turunnya kondisi perekonomian di sebuah negara tujuan ekspor, meskipun hal-hal seperti ini tentu telah kami perhitungkan dalam manajemen resiko,” jelas Bob Azam selaku Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN.

“Meskipun demikian kami belum melakukan koreksi terhadap target ekspor karena kami masih optimis target pertumbuhan di atas 5persen dapat tercapai dengan adanya ekspansi ekspor ke beberapa negara tujuan baru di kawasan Amerika Tengah serta adanya permintaan fleet order dari negara-negara Timur,” tutur Bob Azam.

Ekspansi ini telah muali dijajakin oleh TMMIN sejak 2018 lalu dengan mengundang para distributor dari kandidat negara tujuan ekspor baru ke Indonesia untuk melihat proses produksi di pabrik Karawang serta berdiskusi mengenai hal-hal yang terkait dengan tren pasar dan karakteristik konsumen di negara-negara tersebut.

“Untuk dapat mendukung terlaksananya program ini kami secara khusus telah membuat sebuah divisi khusus yang bertugas mencari pasar-pasar tujuan ekspor,” tutup Bob Azam.

 

Leave Comment

(Required)