Ini Fungsi Cat Mobil yang Sebenarnya, Bukan Sakadar Bikin Nyentrik!

Kamis 18-01-2024,12:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Priya Satrio

Namun, perlu dipastikan juga cat tersebut tidak mengganggu pengendara lain.

• Peredam Panas

Supaya dapat menjaga suhu di dalam mobil tetap stabil dan tidak terlalu panas, maka berbagai komponen didesain untuk dapat menjadi peredam panas, salah satunya yaitu cat body mobil.

BACA JUGA:Jangan Khawatir! Ada 8 Cara Bedakan Spare Part Mobil Asli vs Palsu, Awas Salah Beli

Fungsi cat mobil yang keempat yaitu dapat menjadi peredam panas. 

Fungsi ini juga dapat menjadi referensi untuk menentukan warna cat, karena nantinya dapat berpengaruh terhadap daya redamnya.

• Peredam Suara

Selain dapat menjadi peredam panas, cat juga dapat berguna untuk meredam suara. Dengan begitu, suara dari luar dapat lebih terjaga supaya tidak masuk dan mengganggu bagian dalam mobil.

• Fungsi Khusus sesuai Bahan Aditif yang Ditambahkan

Pada berbagai jenis cat, terdapat bahan aditif yang ditambahkan. Biasanya, hal ini akan disesuaikan dengan bagian dan jenis mobilnya.

BACA JUGA:Baca Tips Ini Supaya Mencuci Mobil Tidak Jadi Sia-sia, Pasti Bersih Cuy

Sebagai contoh, untuk berbagai bagian mobil dengan bahan metal, akan ditambahkan zat aditif anti karat supaya kondisi body mobil tetap terjaga dengan optimal.

Contoh lainnya, untuk permukaan dengan bahan plastik, bisa jadi ditambahkan cat dengan bahan homogen yang lentur supaya kondisi permukaan tetap terawat.

• Mempertahankan Nilai Jual Mobil

Berbagai komponen dan kondisi mobil dapat berpengaruh terhadap nilai jualnya, termasuk cat body mobil yang mengambil banyak peran dalam hal dekorasi eksterior.

Dengan pemakaian cat yang bagus dan berkualitas, maka kalian dapat lebih mempertahankan nilai jual mobil.

Kategori :