Pengertian Blind Spot Pada Saat Mengendarai Mobil

Jumat 05-07-2024,21:00 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : Ilham

JAKARTA, OTOMOTIFXTRA.COM – Blind spot adalah titik buta yang terdapat dalam setiap kendaraan dimana pengendara atau pengemudi tidak dapat melihat suatu area pandang tertentu.

Seberapa pentingkah titik buta dalam berkendara? Sangat penting, karena titik buta juga masuk dalam jajaran penyebab tingginya kecelakaan lalu lintas.

Meski istilahnya sudah cukup sering terdengar, banyak pengendara yang mengabaikan keberadaan titik buta ini.

BACA JUGA:Ikuti Cara Sederhana Ini Agar Suhu Kabin Mobil Cepat Dingin


Pengertian Blind Spot Pada Saat Mengendarai Mobil-freepik-freepik

Para pengemudi atau pengendara yang mengalami kecelakaan lalu lintas, 60% diantaranya mengaku karena kurang memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.

Sebagai informasi, titik buta antara satu kendaraan dengan kendaraan lain berbeda-beda.

Mengapa setiap kendaraan memiliki blindspot yang berbeda? Hal ini berkaitan dengan banyak faktor.

Beberapa faktor yang menyebabkan adanya perbedaan titik buta adalah jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan yang juga berbeda-beda.

BACA JUGA:Perhatikan Hal Ini Saat Mengendarai Mobil Di Musim Hujan Sob

Setiap pengemudi sudah seharusnya memperhitungkan titik butanya masing-masing.

Selain pengemudi, setiap produsen kendaraan juga sudah memperhitungkan titik buta yang akan dialami setiap pengemudinya.

Dengan seiring berkembangnya zaman, banyak produsen mobil ternama yang sudah menyematkan fitur baru guna mengurangi titik buta yang dialami oleh pengemudi.

Meski sekarang sudah ada fitur baru, pengendara atau pengemudi juga harus tetap waspada dan berhati-hati serta senantiasa memperhatikan keadaan sekeliling saat mengendarai kendaraan.

Kategori :

Terpopuler